Naja Nazzala Hidayat, Prospek Rookie IBL dari 3x3 PON Papua 2021


Oct 21, 2021

3x3 baru dipertandingkan secara resmi di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. Tapi cabang olahraga baru tersebut sudah mampu mencuri perhatian. Bukan hanya itu saja, ternyata ada beberapa nama yang layak diperhatikan, khususnya mereka yang terdaftar sebagai peserta IBL Rookie Combine 2021. 

Dari sekian banyak nama pemain putra di 3x3 PON Papua 2021, ada nama Naja Nazzala Hidayat. Pemain asal Jawa Timur yang nama masuk di daftar IBL Rookie Combine 2021. 

Pemain asal Blitar ini mencuat ketika dirinya berhasil menumbangkan dominasi sekolah Surabaya di DBL Jawa Timur. Bersama SMAN 1 Blitar, Naja membuat penampilan cemerlang di babak final dengan mengalahkan SMA St. Louis Surabaya. Naja juga terpilih sebagai DBL All-Star tahun 2016. Saat itu dia bersama Andreas Kristian Viery dari Surabaya, yang sudah lebih dulu menginjakkan kaki di IBL Pertamax 2021, bersama Pacific Caesar Surabaya. Naja sendiri sempat bermain di Liga Mahasiswa membela Universitas Airlangga (UNAIR). 

Kemunculan Naja di event nasional sekelas 3x3 PON Papua, membuatnya bisa dilirik klub-klub IBL. Ditambah lagi, keberadaannya di Rookie Combine tahun ini, semakin menegaskan bahwa dirinya siap tampil di liga profesional. 

Pada 3x3 PON Papua, Naja membela tim Jawa Timur bersama pemain West Bandits Solo, Widyanta Putra Teja. Naja punya gerakan yang eksplosif dan kemampuan akurasi tembakan jarak jauh. Ini membuatnya jadi prospek yang menari di Rookie Combine. Tampaknya tim scouting yang diketuai oleh Andrie Ekayana Satya Santosa tidak salah pilih, dengan memasukkan Naja dalam daftar Rookie Combine tahun ini. 

3x3 PON Papua bukan hanya ajang unjuk kemampuan pemain-pemain yang belum pernah muncul sebelumnya. Karena ada pula bintang-bintang muda IBL yang tampil di ajang ini, seperti David Liberty Nuban yang ada di tim Sulawesi Selatan, lalu Danny Ray bersama tim Riau, Widyanta Putra Teja di tim Jawa Timur, Dio Syahputra Dyanza di tim Jawa Barat. Mereka semua menunjukkan kelasnya sebagai pemain yang sudah menginjakkan kakinya di IBL. (*)