Monster Penjaga Ring yang Bangkit Kembali


Oct 21, 2022

Ada yang patut disoroti dari penampilan NSH Mountain Gold Timika di IBL Tokopedia 2022. Dari sisi permainan, mereka lebih garang di tangan coach Anthony Garbelotto. Sementara dari sisi roster ada beberapa pemain yang improve termasuk salah satu veteran liga, Ruslan. Pemain 32 tahun itu menunjukkan perkembangan yang bagus, dan punya kontribusi besar musim ini. 

Ruslan sudah kenyang asam-garam kompetisi profesional tanah air. Pemain yang akrab disapa Achim tersebut sempat menjadi primadona di liga. Tingginya menjulang hingga 197 cm, membuatnya mudah dikenali sebagai center. Meski badannya tidak besar, tapi Ruslan cukup dominan di bawah ring. 

Ruslan sempat menghilang dalam beberapa musim terakhir. Bukan karena dirinya tidak bermain, namun menit bermainnya yang terkuras habis. Pada musim 2018-19 saja, dia hanya bisa tampil kurang dari lima menit per game. Jadi dia seperti pemain yang terlupakan. Hingga pada musim 2020, Ruslan tidak bermain di IBL. Kemudian pada liga di masa pandemi, atau musim 2021, namanya kembali muncul di IBL. Kali ini Ruslan bergabung dengan NSH Mountain Gold Timika. Kali ini dia seperti bangkit dari tidur panjangnya. Ruslan bisa mencetak rata-rata 4,4 PPG, 4,0 RPG dalam 14 menit per game di lapangan. 

Tapi yang lebih mengejutkan lagi, ketika NSH ditangani head coach Anthony Garbelotto. Ruslan benar-benar tampil menggila. Dia bisa mencetak 7,0 PPG, 7,8 RPG, dan bahkan bisa menyumbang 1,0 APG. Menit bermainnya juga meningkat hampir 30 menit per game. Semua itu membuat Ruslan semakin percaya diri. Dia tidak takut bersaing dengan center lawan yang notabene musim ini mayoritas pemain asing. 

Kesempatan Ruslan untuk unjuk gigi merupakan berkah dari ketidakhadiran Mike Glover. Namun di sisi lain dengan Ruslan yang improve, absennya Glover tidak menjadi masalah bagi NSH Mountain Gold. Mereka masih bisa menjaga asa untuk lolos Playoffs musim ini.