Mental Timnas Indonesia Makin Terasah


Jun 16, 2022

Pengalaman berlaga melawan tim dengan postur lebih tinggi dan besar di Australia telah mengasah mental dan kepercayaan diri para pemain tim nasional Indonesia yang dipersiapkan menghadapi FIBA Asia Cup 2023 bulan Juli mendatang.

Hal ini dikatakan manajer tim nasional Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso. "Sejauh ini sudah banyak pelajaran di ambil pemain dan coaching staff termasuk bagaimana menjaga dan melawan lawan dengan postur lebih besar yang secara fisik lebih dominan," kata Jeremy seusai pertandingan melawan SW Metro Pirates di Brisbane , Kamis 16 Juni.

Selama try out di Australia para pemain mencari solusi bagaimana mengatasi press defense dengan lawan postur lebih besar. "Tidak bisa dipungkiri bahwa kelebihan postur itu tidak bisa dibeli. Jadi memang harus dipaksakan melawan tim dengan kondisi fisik di atas kita," ujarnya.

"Tim menunjukkan mentalitas baik. Dimana kita pernah kalah 2 digit dalam pertandingan bisa mengejar lalu samai kedudukan bahkan menang," sambungnya.

Meski demikian masih banyak hal yang harus diperbaiki terutama dalam hal turn over dan personal foul. "Ini evaluasi penting karena lawan yang tinggi dan kuat bisa rentan membuat turn over dan personal foul. Jika ini sering terjadi bisa menyakitkan untuk tim sendiri," ujarnya.