Mengurai Hasil IBL Draft Foreign Players 2022


Oct 12, 2022

Menegangkan dan penuh kejutan. Itulah yang terjadi di IBL Draft 2022 untuk Foreign Players, yang diselenggarakan pada hari Selasa, 11 Oktober 2022. Menyusul beberapa tim tampaknya sudah mulai membuka tabir strategi apa yang bakal mereka pakai di musim depan. Ini bisa dilihat dari pemain asing yang mereka rekrut. 

Mekanisme untuk Draft Foreign Players ini tetap melibatkan 15 tim. Dengan Bima Perkasa Jogja mendapatkan giliran pertama untuk First Round. Kemudian di Second Round, giliran Pelita Jaya Bakrie yang mendapatkan giliran pertama untuk memilih pemain asing. Setelah seluruh tim memilih, ada nama-nama yang mengejutkan.

Dimulai dari pemain yang dipertahankan timnya. Klub-klub berikut ini mempertahankan pemain asingnya untuk musim 2023. Mereka adalah Bumi Borneo Pontianak yang mempertahankan Randy Bell, lalu RANS PIK Basketball yang mempertahankan Akeem Scott, NSH Mountain Gold Timika mengambil kembali Shavar Newkirk, dan Satria Muda Pertamina Jakarta yang mempertahankan Elijah Foster. 

Sementara itu, ada tim yang memilih pemain yang sudah pernah tampil di IBL sebelumnya. Bali United memilih Dior Lowhorn. Tampaknya Bali United punya target tinggi musim ini dengan mendatangkan pemain sekelas Lowhorn. Kemudian Evos Thunder Bogor mengambil Christopher Ware. Pemain yang pernah bekerjasama dengan head coach Andre Yuwadi saat masih menangani Garuda Bandung. Lalu yang terakhir ada Tyron Criswell yang musim lalu bermain di Pacific Caesar Surabaya, kini dipilih oleh Tangerang Hawks. Ada pula pemain yang sempat dipilih dalam Draft sebelumnya tapi tidak bisa datang. Pemain tersebut adalah Anthony January. Dia musim lalu dipilih oleh Pacific Caesar, namun tidak datang ke Indonesia karena ada urusan keluarga. Kini January dipilih oleh Prawira Bandung. 

Kejutan terjadi setelah dua tim memilih pemain. Di first round, Elang Pacific Caesar Surabaya memilih Maxie Esho. Pemain yang sudah pernah membela klub CLS Knights Indonesia di ABL, sekaligus menjadi juara dan MVP di musim 2018-19. Kemudian yang mengejutkan lagi, Satria Muda Pertamina Jakarta memilih Lucas Nogueira, yang notabene pernah bermain di NBA bersama Toronto Raptors. Kehadiran kedua pemain ini diharapkan bisa membawa daya tarik yang besar terutama dari sisi penonton. Sementara, dari kualitas pemain, mereka sudah tidak diragukan lagi. 

Berikut daftar lengkap IBL Draft Foreign Player 2022:

First Round 

1. Cameron  Coleman (Bima Perkasa Jogja). 

2. Christopher Ware (Evos Thunder Bogor) 

3. Jelan Miguel (Satya Wacana Salatiga) 

4. Anthony Allen Jr. (Tangerang Hawks) 

5. Dior Alexandros Lowhorn (Bali United Basketball) 

6. Maxie Esho (Elang Pacific Caesar Surabaya) 

7. Randy Bell (Bumi Borneo Pontianak) 

8. Akeem Scott (RANS PIK Basketball) 

9. Emmanoul Malou (Amartha Hangtuah) 

10. Anthony Johnson (Dewa United Surabaya) 

11. Erick Katenda (West Bandits Combiphar Solo) 

12. Shavar Newkirk (NSH Mountain Gold Timika) 

13. Brandone Francis (Prawira Bandung) 

14. Elijah Foster (Satria Muda Pertamina Jakarta) 

15. Dominique Sutton (Pelita Jaya Bakrie Jakarta)

Second Round

1. Michael Lester (Pelita Jaya Bakrie Jakarta) 

2. Lucas Noguera (Satria Muda Pertamina Jakarta) 

3. Anthony January (Prawira Bandung) 

4. Jarrid Famous (NSH Mountain Gold Timika) 

5. Prince Williams (West Bandits Combiphar Solo) 

6. Ramon Galloway (Dewa United Surabaya) 

7. Branden Jenkins (Amartha Hangtuah) 

8. Duom Dawam (RANS PIK Basketball) 

9. Tony Crisswell (Bumi Borneo Pontianak) 

10. Khapri Alston (Elang Pacific Caesar Surabaya) 

11. Julius Bowie (Bali United Basketball) 

12. Tyron Criswell (Tangerang Hawks) 

13. Trayvon Reed (Satya Wacana Salatiga)

14. David Jeffery (Evos Thunder Bogor) 

15. Tavarion Nix (Bima Perkasa Yogyakarta)