Menanti Persaingan Andakara Prastawa Dhyaksa dan Abraham Damar Grahita


Apr 06, 2021

Jauh sebelum IBL Pertamax 2021 resmi dimulai, IBL Fans sudah menanti pertemuan Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan Prawira Bandung. Tentu ada sebab yang lebih spesifik selain pertandingan seru. Mereka ingin menyaksikan duel antara dua pemain yang musim lalu membela satu tim, dan sama-sama masuk nominasi Most Valuable Player di IBL Pertamax 2020, yakni Andakara Prastawa Dhyaksa di Pelita Jaya, dan Abraham Damar Grahita di Prawira Bandung.

Dua guard ini memang punya peran yang berbeda di timnya. Prastawa lebih banyak beroperasi di posisi satu, atau point guard. Dia juga bertugas sebagai pengatur serangan utama di tim Pelita Jaya. Sementara Abraham musim ini bermain sebagai eksekutor atau pointer. Abraham jadi salah satu pemain andalan Prawira untuk membongkar pertahanan lawan sekaligus mencetak angka. Tapi keduanya sama-sama punya kemampuan akurasi tembakan yang baik.

Dari catatan statistik rata-rata kedua pemain, baik Prastawa dan Abraham sama bagusnya. Prastawa mencetak 13,0 PPG, 3,3 RPG, 4,5 APG, dan 2,7 SPG. Sedangkan Abraham dengan rata-rata 15,5 PPG, 5,0 RPG, 3,0 APG, dan 0,5 SPG. 

Untuk field goals precentage, Prastawa unggul satu angka di atas Abraham. Prastawa di kisaran 48,8%, sedangkan Abraham 47,2%. Faktor yang membuat Prastawa lebih baik adalah 3PTS precentage. Prastawa bisa mencetak 39% dari tembakan tiga angka, sedangkan Abraham 33%. Tapi yang pasti, keduanya akan jadi kunci permainan timnya masing-masing.

Saksikan duel Prastawa dan Abraham di pertandingan Pelita Jaya VS Prawira hanya di IBL TV, pukul 11.00 WIB. (*)