Menang Dramatis atas Satria Muda, Bima Perkasa Jogja Juara IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022


Oct 02, 2022

Sebuah drama menarik terjadi di partai final terakhir IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022. Bima Perkasa Jogja menang dengan skor tipis 17-16 atas Satria Muda Pertamina Jakarta, di Bintaro Jaya Exchange Mall, Tangerang, Minggu (2/10) malam. Dengan kemenangan tersebut, maka Bima Perkasa mendapatkan hadiah sekaligus tiket ke Hong Kong untuk bertanding di FIBA 3x3 World Tour Masters pada bulan November mendatang. 

Selama penyelenggaraan musim ini, SM dan Bima Perkasa sudah pernah bertemu di final seri pertama. Kemudian mereka juga sering bertemu di babak Playoffs. Ironisnya, Bima Perkasa selalu kalah dari SM. Tapi kali ini justru mengejutkan, karena SM akhirnya tumbang. Tim terbaik di klasemen akhir IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour tersebut gagal mempertahankan rekor bagus. 

Pertandingan final ini memang menegangkan. Di sisa waktu 48 detik, SM masih unggul 15-13 atas Bima Perkasa. Kemudian saat waktu tersisa 43 detik, Indra Muhammad melakukan tembaka three point untuk membuat keduduksan sama kuat (15-15). Momentum tersebut tidak disia-siakan oleh Bima Perkasa. 

Dari sini SM mecoba mengunci kemenangan dari Bima Perkasa. Tembakan M. Sandy Ibrahim Aziz menambah poin untuk SM. Mereka memimpin 16-15 di sisa waktu 19 detik. Kemudian lubang SM ada pada Kevin Yonas Argadiba Sitorus, di mana dia gagal mengantisipasi tembakan dari Ikram Fadhil. Karena tembakan dua angka tersebut yang menjadi kunci kemenangan bagi Bima Perkasa. 

Sepertinya ini menjadi titik balik bagi prestasi Bima Perkasa. Musim lalu, mereka terseok-seok di dasar klasemen. Bima Perkasa mulai membangun kekuatan lagi, sejak masuknya head coach Efri Meldi. Sementara, semangat pemainnya semakin terlecut setelah mendapatkan gelar juara IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022. 

Kemenangan ini sekaligus membawa Indra Muhammad dan kawan-kawan berkesempatan hadir di FIBA 3x3 World Tour Hong kong Masters 2022. Bima Perkasa akan berhadapan dengan tim-tim 3x3 profesional di tingkat dunia. (*)