News Event

Mantan Bintang Garuda Chadistira Pranatyo Muncul di IBL 3x3

25 September 2023
|

Mungkin tak banyak IBL Fans yang mengenal Chadistira Pranatyo, sebab kemunculannya di basket profesional Indonesia hanya sebentar. Namun dia pernah menjadi kandidat MVP liga pada saat itu. Pemain yang akrab disapa Dira tersebut tampil lagi di hadapan publik basket Indonesia, lewat IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023. 

Dira membawa tim 3x3 GSBC 1 juara kategori open men, pada penyelenggaraan IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 seri kedua di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, 23-24 September. Dira bermain bersama Muhammad Abrar Adrian, Audy Bagastyo, dan Jonathan Maurice.

Chadistira Pranatyo adalah salah satu pemain yang bisa disebut punya karier cemerlang di basket Indonesia. Kariernya cukup singkat yakni dari tahun 2012 hingga 2014. Hanya satu klub yang pernah dibelanya yaitu Garuda Bandung. Mungkin yang paling diingat fans adalah ketika dia berduet dengan Diftha Pratama di musim 2013-14. Di mana Dira dan Diftha sukses menjadi kandidat peraih MVP liga kala itu. 

Bermain dengan dominasi pemain muda, Garuda mampu tampil luar biasa sejak awal musim. Salah satu sosok yang dibalik keberhasilan Garuda tersebut adalah Chadistira Pranatyo. Shooting guard yang saat itu berusia 25 tahun ini, menjadi pendulang poin terbanyak kedua setelah Diftha. Chadistira mencatatkan 12,31 ppg, 3,5 rpg, dan 3,1 apg dalam satu musim kompetisi. Total Dira mencetak 417 poin dalam 33 pertandingan musim reguler. Sedangkan Diftha yang saat itu bermain di musim keduanya sebagai pemain profesional bisa mengoleksi 12,9 ppg, 4,3 rpg, 1,7 apg.

Namun sangat disayangkan, karena setelah musim 2013-14, Dira memutuskan untuk tidak bermain basket profesional lagi. Dalam sebuah pemberitaan media, Dira mengatakan kalau ini memang sudah jadi rencananya sejak awal. dia tidak ingin berlama-lama di basket profesional. Meski keputusan tersebut juga disayangkan oleh klubnya, Garuda. Apalagi Dira sempat jadi bintang utama klub. 

Begitulah sekelumit kisah tentang Chadistira Pranatyo. Salah satu pemain basket profesional Indonesia, yang sempat punya karier cemerlang. Beruntung IBL Fans masih bisa menyaksikan aksi-aksinya di IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023. Tunggu aksi-aksi legenda basket Indonesia di seri-seri lainnya. (*)

Baca Juga: Timnas 3x3 Kunci Roster Pekan Ini

0 Comments