News Tim Nasional

Timnas 3x3 Kunci Roster Pekan Ini

14 March 2024
|

Timnas 3X3 Indonesia proyeksi FIBA 3x3 Asia Cup 2024 sedang melakukan pemusatan latihan di Lapangan Respect Basketball Arena De Latinos BSD City. Mereka berlatih sejak 19 Februari 2024. Roster yang akan diberangkatkan ke Singapura, baik putra dan putri, akan dikunci pekan ini. 

Timnas 3X3 putra dan putri kali ini di bawah asuhan Coach Fandi Andika Ramadhani. Mereka disiapkan untuk hadapi FIBA 3x3 Asia Cup 2024 di Singapura pada 27-31 Maret 2024. Pada edisi tahun 2022 di Singapura, Timnas 3X3 Putri mampu menyabet peringkat ketiga. Posisi itu diraih usai kalahkan Jepang 21-17. Itu adalah capaian tertinggi Timnas 3X3 Putri di ajang internasional. Saat amankan peringkat tiga Asia, Timnas 3X3 Putri diperkuat Kimberley Pierre-Louis, Agustina Gradita Retong, Dyah Lestari, dan Adelaide Callista Wongsohardjo di bawah asuhan Coach July Wong.

Manajer Operasional Timnas 3X3 Rizky Julian mengatakan, menghadapi FIBA 3x3 Asia Cup 22024 di Singapura pada 27-31 Maret nanti, Timnas 3X3 putra maupun putri berlatih hingga hari pemberangkatan 26 Maret 2024. Setiap harinya, mereka berlatih dua  kali dalam sehari. Namun memasuki Bulan Ramadhan, waktu latihan disesuaikan. Biasanya latihan pagi dan sore, selama puasa latihan digeser malam hari. 

"Latihan taktik dan teknik berlangsung dua jam setiap harinya mulai pukul 20.00 WIB. Kemudian pada Senin, Rabu, Kamis pemain ada latihan juga di gym," ujar Rizky.

Menurut Pelatih Fandi Andika Ramadhani, setelah menjalani beberapa pekan latihan pemain akan dihadapkan pada pertandingan uji coba. Kamis malam (14/3), para pemain akan menjalani laga uji coba pertama. Lawannya adalah Tim DKI Selection. Untuk Tim Putri DKI Selection dipimpin penggawa Timnas Basket Putri, Priscilla Annabel Karen.      "Uji coba akan kita lakukan dua kali. Tanggal 14 dan 15 Maret 2024. Uji coba ini untuk melihat sejauh mana pemain menyerap materi latihan selama ini," terang Coach Rama, sapaan karib Fandi Andika Ramadhani. "Rencananya pekan ini sudah bisa dikerucutkan menjadi 4 pemain baik di tim putri maupun putra. Untuk kemudian lebih fokus ke pemantapan tim menatap FIBA 3x3 Asia Cup di Singapura," terang Rama.

Di FIBA 3X3 Asia Cup 2024, Indonesia akan memulai dari babak kualifikasi. Berdasarkan hasil drawing, Timnas 3X3 Putri tergabung di Grup C bersama India, Hong Kong, dan Kepulauan Mariana Utara. Timnas 3X3 Putri akan memulai perjuangan pada 27 Maret 2024 melawan Hong Kong. Sehari kemudian dua kali tanding melawan India dan Kepulauan Mariana Utara. 

Indonesia sendiri dijadwalkan bertemu Hong Kong pada Rabu (27/3/2024). Sedangkan duel dengan India dan Pulau Mariana Utara digelar sehari setelahnya. Kemudian untuk Timnas 3X3 Putra, akan memulai perjuangan di babak kualifikasi dari Grup B. Di sana ada Sri Lanka, Korea Selatan, dan Kepulauan Mariana Utara. 

Menurut jadwal, Serigne Modou Kane dkk akan jalani dua laga sekaligus di hari pertama (27/3). Mulai dengan menantang Sri Lanka lebih dulu lalu lanjut lawan Korea Selatan. Sehari kemudian, Timnas 3X3 Putra menghadapi Kepulauan Mariana Utara. Jika lolos Timnas 3X3 Putra akan ketemu Mongolia dan Thailand pada fase berikutnya di Grup B. 

"Terkait target, kami akan fokus game by game buat lolos dulu dari babak kualifikasi," ucap Rama.

Saat ini masing-masing kategori masih diisi enam pemain. Untuk putri, diisi Jesslyn Angelique Aritonang, Faizzatus Shoimah, Tasya Hery Saputera, Angelica Jennifer Chandra, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, dan Aimee Tampu Francienne. Aimee disiapkan untuk gantikan Adelaide Callista Wongsohardjo yang sebelumnya masuk daftar panggil namun izin karena ingin fokus sekolah karena sebelumnya sering ditinggal karena tenaganya dibutuhkan Timnas Indonesia.

Sementar di sektor putra ada Serigne Modou Kane, Erick Ibrahim Junior (Dewa United), Muhammad Daffa Shaldy (Devils Medan), Muhammad Naufal Alifiq (BBM CLS Knights), Yogi Saputra Chan (Amartha Hangtuah), dan Muhammad Ivan Rizky Ramdani dari Sulawesi Selatan. Nantinya masing-masing kategori akan berisi empat pemain. (*)

Baca Juga: Timnas Indonesia Akan Berlaga di FIBA 3x3 World Cup U-18

0 Comments