News Event

Majukan Sportainment, Level Berbeda IBL Tokopedia 2024

27 June 2024
|

Liga bola basket Indonesia menaikkan levelnya. Hal ini bisa dilihat dari penyelenggaraan musim reguler IBL Tokopedia 2024. Mulai dari persaingan tim, sistem home-and-away, serta kehadiran pemain-pemain NBA sukses membawa liga bola basket Indonesia ke level yang berbeda. 

Liga musim ini tercatat sebagai musim yang terpanjang sejak gelaran IBL dimulai kembali pada tahun 2016. Dengan segala dinamika yang terjadi, termasuk sistem home-and-away yang memberikan peluang bagi kontestan liga untuk mulai memupuk fanatisme penggemar di wilayah masing-masing. Sementara itu, sistem ini menuntut para peserta yang lebih cerdas dalam mengatur ritme tim. Mulai dari recovery, hingga strategi yang tepat demi mendapatkan tempat terbaik di klasemen. 

Hingga fase akhir musim reguler, kehadiran penonton di arena juga meningkat. Apalagi ketika laga tersebut dimainkan oleh tim-tim peringkat teratas. Penonton sangat menantikan permainan level tinggi, dan juga persaingan yang sengit dari para pemain. Dari sisi penyelenggaraan, tim-tim dituntut untuk membangun kemandirian. Mereka berlomba-lomba menghadirkan sajian yang menarik. Kreatifitas panitia lokal juga menjadi kunci kesuksesan pertandingan. 

Pemain-pemain asing dan juga pemain dengan level internasional juga tampil di liga musim ini. Beberapa diantaranya merupakan pemain NBA seperti Jordan Adams, Jabari Bird, Mycheal Henry, dan banyak lagi. Tak kalah banyak juga bintang-bintang tim nasional seperti Gelvis Solano, Tavario Miller, hingga Justin Brownlee. Kehadiran mereka memacu pertumbuhan level permainan pemain lokal. Setidaknya mereka akan berusaha untuk mengimbangi permainan pemain-pemain asing tersebut. 

Di fase-fase akhir musim reguler, IBL Fans juga disuguhi persaingan menarik dalam memperebutkan tiket playoffs. Bahkan hingga dua pekan terakhir, delapan tim masih belum bisa menetapkan peringkat mereka. Meski posisi playoffs sudah terkunci di mana delapan tim teratas adalah Dewa United Banten, Kesatria Bengawan Solo, Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, RANS Simba Bogor, Prawira Harum Bandung, Borneo Hornbills, dan Bali United Basketball. 

Kedelapan tim ini memang sudah dipastikan lolos. Tetapi mereka masih berjuang untuk menetapkan posisi di klasemen akhir. Tentunya dengan mempertimbangkan keuntungan sebagai home-team di laga playoffs nanti. Perlombaan tim di fase terakhir ini juga tak kalah menarik untuk disaksikan. 

Babak playoffs nantinya akan digelar mulai 11 Juli 2024. Playoffs kembali menggunakan sistem home-and-away. Sehingga tim-tim tersebut butuh dukungan penonton tuan rumah. 

IBL tahun ini benar-benar menjadi level yang berbeda dari liga bola basket Indonesia, yang sekaligus menetapkan standar yang tinggi dalam penyelenggaraan. IBL Fans kini menantikan siapa tim terbaik yang keluar sebagai juara di IBL Tokopedia 2024. (*)

Baca Juga: Berpartisipasi di APMF, IBL Tunjukkan Kemajuan Sportainment Indonesia

0 Comments