Madarious Gibbs Pernah Jadi Ikon Satya Wacana Dua Musim


Nov 08, 2021

Beberapa pemain asing dalam daftar yang disediakan liga sudah akrab di telinga IBL Fans. Itu hal yang wajar, mengingat liga sudah memakai jasa pemain asing sejak musim 2016-17. Salah satu nama yang familiar adalah Madarious Gibbs. Pemain yang pernah jadi ikon Satya Wacana selama dua musim kompetisi. 

Gibbs dipilih Satya Wacara dari putaran kedua IBL Foreign Player 2016. Justru Gibbs yang mampu mengangkat performa Satya Wacana. Bukannya malah pemain putaran pertama, atau Draft Pick No.1, De'Angelo Hamilton. Karena Hamilton malah tidak bisa datang ke Indonesia. Dia digantikan oleh Jontaveous Sulton. 

Permainan Gibbs saat itu benar-benar cocok dengan Satya Wacana. Ditambah lagi dengan kemampuan mencetak poin yang luar biasa. Di musim 2017-18, Gibbs tampil 16 pertandingan dengan kontribusi 27,6 PPG, 5,7 RPG, dan 5,4 APG dengan field goals precentage sebesar 47%. 

Di musim 2018-19, Gibbs menjadi salah satu dari beberapa pemain yang dipertahankan oleh timnya. Satya Wacana meyakini bahwa Gibbs punya urusan yang belum terselesaikan di Indonesia. Dia ingin membawa Satya Wacana juara. Penampilan di musim keduanya juga tak kalah mentereng. Gibbs mencetak 29,7 PPG, 7,1 RPG, dan 7,4 APG dalam 18 pertandingan. Gibbs terpilih sebagai Best Foreign Player of the Year. 

Melihat catatan statistik dan reputasinya di liga Indonesia, sangat pantas rasanya bila Gibbs masuk daftar pemain asing favorit dalam IBL Draft Foreign Player yang akan diselenggarakan pada 10 November mendatang. (*)