Luar Biasa, Bumi Borneo Susul SM


Mar 17, 2022

Di awal kuarter ketiga, SM masih memimpin jalannya pertandingan. Mereka bahkan bisa membuat jarak 20 angka (49-29). Namun setelah itu, Bumi Borneo mengambil alih. Julius Caesar Wongso dan kawan-kawan menyusul SM, dan hanya menyisakan margin satu angka (50-51). 

Penampilan yang luar biasa dibuat oleh Bumi Borneo selama kuarter ketiga. Mereka bisa mencetak 23 poin. Bumi Borneo memasukkan 8 tembakan dari 15 attempt. Sebagian besar dari tembakan dua angka, dan juga poin dari paint area. Pertahanan mereka juga sangat bagus dengan hanya membiarkan SM mencetak 9 angka sepanjang kuarter ketiga. 

Mental para pemain Bumi Borneo dalam bertahan juga bagus. Dari catatan penguasaan bola diketahui bahwa SM melakukan 6 kali turnovers. Dari jumlah tersebut ternyata ada 5 kali bola SM dicuri (steal) oleh anak-anak Bumi Borneo. Ini juga tercermin dari total 8 defensive rebound yang dibuat Bumi Borneo. Jadi bukan hanya serangan yang meningkat, melainkan defense Bumi Borneo juga membaik. 

Ada momen di mana SM mengalami kebuntuan. Itu terjadi di saat laga berjalan dua menit sampai di menit ke tujuh kuarter ketiga. SM cukup lama bertahan dengan 49 poin. Sementara Bumi Borneo bisa meningkatkan poin dari 29 menjadi 45 poin. Momentum tersebut yang membuat SM panik, sehingga mereka harus bekerja ekstra keras untuk menahan laju Bumi Borneo. Di akhir kuarter ketiga, dua kali jump shot Austin Mofunanya membuat Bumi Borneo hanya terpaut satu angka saja dari SM (50-51). (*)