Lima Pemain yang Masuk All-Defensive IBL Tokopedia 2022


Sep 01, 2022

Sekarang giliran deretan pemain paling bagus dalam defense yang tampil selama IBL Tokopedia 2022. Lima pemain ada dalam All-Defensive Player. Mereka juga merupakan kandidat dalam penghargaan individu Defensive Player of The Year (DPOY) yang dimenangkan oleh Ruslan. 

Lima pemain tersebut adalah Ruslan (NSH Mountain Gold Timika), Vincent Rivaldi Kosasih (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), Fisyaiful Amir (Amartha Hangtuah Jakarta), Abraham Damar Grahita (Prawira Bandung), dan M. Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina Jakarta). 

Ruslan menjadi pemain yang sempurna untuk mengisi posisi center, setelah tidak adanya Mike Glover selama musim reguler. Untuk catatan statistik yang berkaitan dengan offense, Ruslan bermain 22 game dengan catatan statistik 5,6 ppg. Akurasi free throw-nya di kisaran 64,9% dengan memasukkan 24 free throw dari 37 attempt. Karena berkaitan dengan defensive, maka kali ini fokus pada pertahanan saja. Ruslan mencetak total rebound sebanyak 5,6 rpg. Sementara dari jumlah tersebut sudah termasuk 3,5 defensive rebound per game. 

Vincent menjadi pencetak rebound terbanyak di Pelita Jaya dengan total rebound 6,1 rpg. Dari jumlah tersebut Vincent bisa mengoleksi rata-rata 3,5 defensive rebound per game, serta 1,0 block per game. Tapi di sisi offense, Vincent juga cukup membantu. Dia mencetak 4,4 ppg dan 0,8 apg. Vincent mencetak field goals sebesar 40% selama tampil di musim reguler 2022. 

Fisyaiful Amir diturunkan 29,2 menit per game dan berhasil mencetak rata-rata 11,0 ppg, 5,1 rpg, dan 1,2 apg. Karena ada kaitannya dengan defense, maka If punya catatan 3,6 defensive rebound per game, serta yang mengagumkan adalah 1,3 steal per game selama musim reguler. If ternyata menjadi pemain dengan field goals precentage terbaik di tim Hangtuah. Dia mencetak 75 tembakan dari 148 attempt, atau dengan persentase 50,7%. Soal penguasaan bola, If juga punya catatan yang bagus. Dia hanya melakukan 1,4 turnovers per game dalam 20 pertandingan. 

Penampilan Abraham di IBL cukup konsisten. Dalam tiga musim terakhir, dia selalu menyelesaikan reguler season dengan mencetak average point double digit. Pada IBL Tokopedia 2022, Abraham juga melengkapinya dengan catatan statistik yaitu 4,5 rpg, 2,9 apg, dan 1,2 spg. Untuk defensive rebound sendiri, Abraham bisa mengoleksi rata-rata 3,5 defensive rebound per game. 

Sandy sendiri dikenal sebagai salah satu shooter tajam yang dimiliki SM. Sepanjang musim reguler IBL Tokopedia 2022, dia mencetak 31 three point dari 103 attempt. Sandy mencetak 8,3 ppg, dan menjadi pencetak angka terbanyak keempat di tim Satria Muda. Dia juga melengkapinya dengan mencetak 3,4 rebound dan 1,1 steal. Namun dalam konteks defense, kehadiran Sandy membuat SM menjadi tim yang paling sedikit kena tembakan three point. Persentasenya hanya 21% saja. Ini berarti area luar busur SM tidak mudah ditembus. Sandy berperan dalam defense di area tersebut. 

Inilah daftar pemain All-Defensive IBL Tokopedia 2022. Mereka semua sudah menampilkan permainan terbaik selama musim ini. Semoga di musim depan bisa lebih baik lagi. (*)