Laga Pembalasan Bagi Elang Pacific Caesar dan NSH Mountain Gold


Nov 07, 2022

Persaingan di babak penyisihan IBL Indonesia Cup 2022 mulai memanas. Di Grup A misalnya, dua tim yang sama-sama kalah di pertandingan pertama bakal mencari pembalasan. Mereka adalah Elang Pacific Caesar Surabaya dan NSH Mountain Gold Timika. Laga antara kedua tim ini akan diselenggarakan pada hari Senin (7/10) pagi. 

Pacific kalah dari Dewa United dalam derby Surabaya, 5 November lalu, dengan skor 59-81. Sementara NSH tidak mampu mengantisipasi serangan Satya Wacana Salatiga, sehingga mereka kalah 53-62, pada 5 November 2022. Dengan begini, maka kedua tim sama-sama berada di papan bawah klasemen sementara Grup A. Padahal kalau melihat skema turnamen, dua tim yang lolos adalah mereka yang berada di peringkat teratas. 

Jelas dalam hal ini, Pacific dan NSH butuh kemenangan. Namun mereka harus bisa memenangkan laga ini untuk menjaga asa lolos ke Playoffs IBL Indonesia Cup 2022. Sehingga pertandingan hari ini sangat penting bagi kedua tim. Pertandingan juga dipastikan menarik mengingat gengsi daerah antara Jawa Timur dengan Papua. 

Kalau melihat dari data statistik, baik Pacific maupun NSH sama-sama kurang bagus dalam akurasi tembakan. Dari data pertandingan pertama didapat bahwa kedua tim masing-masing hanya memasukkan akurasi tembakan dengan persentase sebesar 29%. Tapi kalau dilihat dari perolehan poin, NSH unggul di tembakan dua angka, sebaliknya Pacific masih punya akurasi yang bagus untuk three point. 

Masalah yang dialami kedua tim juga sama. Baik Pacific maupun NSH sama-sama punya turnovers 22 kali di pertandingan sebelumnya. Ini jelas merugikan mereka. Pacific juga harus waspada dengan paint area NSH, karena mereka sangat kuat di area tersebut dengan adanya pemain-pemain seperti Hengki Infandi dan Randika Aprilian. Sementara dari Pacific M. Ariezky dan Dio Freedo bisa jadi ancaman bagi NSH. Karena keduanya punya kemampuan untuk melakukan tembakan three point. 

Pertandingan Elang Pacific Caesar Surabaya melawan NSH Mountain Gold Timika akan berlangsung pukul 09.00 WIB, di Sritex Arena, Solo. (*)