News Event

PP Perbasi Gandeng Lithuania Untuk Pembinaan Timnas Muda

31 October 2023
|

PP Perbasi ingin memastikan pembinaan timnas muda berjalan lebih baik. Oleh karena itu, mereka menjalin kerja sama dengan federasi Bolabasket Lithuania (LBF). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU di Hotel Shangri-La Jakarta antara Ketum PERBASI Danny Kosasih dan Wakil Ketua Federasi Bolabasket Lithuania Bidang Hubungan Internasional Valdemaras Chomicius, pada Senin malam (30/10). 

Kesepakatan kerja sama ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis. Rencananya banyak program yang dibuat, mulai dari pengembangan pebasket usia muda, pelatihan untuk pelatih, dan pengembangan wasit Indonesia. Namun dari sekian program, kerja sama ini akan memberikan perhatian dalam mengembangkan pemain muda. Mulai dengan pemusatan latihan, sekolah bola basket, uji tanding, dan lainnya.

Wakil Ketua Federasi Bolabasket Lithuania Bidang Hubungan Internasional Valdemaras Chomicius menyambut baik kerja sama ini. Pihaknya siap membantu PP Perbasi mengembangkan pemain basket di Indonesia. "Kami punya banyak pengalaman mulai dalam hal organisasi, metode pengembangan bolabasket yang kuat, sistem bolabasket yang efektif, pengembangan bolabasket, dan masih banyak lagi. Kami yakin, kerja sama ini akan bagus dan menghasilkan sesuatu yang baik," jelas Chomicius.

Kerja sama dengan Lithuania ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraan antara PERBASI dengan federasi bolabasket Lithuania yang terjalin saat penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 pada 25 Agustus-10 September 2023. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang. Dalam ajang itu, Lithuania mampu mencatatkan hasil mengagumkan. Mereka mengakhiri perjuangan dengan berada di peringkat ke-6 usai kalah 98-63 dari Latvia dalam perebutan peringkat 5 dan 6.

"Dari kerja sama ini selanjutnya akan dibahas detail program yang sesuai. Beberapa program utamanya adalah pengembangan pemain muda kita selain pengembangan pelatih dan wasit," jelas Ketum PP Perbasi Danny Kosasih. (*)

Baca Juga: PP Perbasi Hadirkan Wajah Baru di Ulang Tahun 70

0 Comments