Laga Arab Saudi Sangat Penting, Ali Budimansyah Ajak Pecinta Basket Putihkan Istora


Jul 10, 2022

JAKARTA -- Tim nasional basket putra Indonesia akan mengawali perjuangan di FIBA Asia Cup 2022 melawan Arab Saudi. Laga ini akan digelar Selasa (12/7/2022) pukul 17.30 WIB di Istora Senayan Jakarta.

Legenda basket Indonesia Ali Budimansyah menilai laga perdana tersebut krusial dan sangat penting. Oleh sebab itu pemain yang pernah tampil di All Stars Asia ini mengajak penonton langsung memberi dukungan di venue. 

"Laga pertama krusial dan sangat penting. Kemenangan akan memberi rasa kepercayaan diri pemain semakin meningkat. Kalau Indonesia menang lawan Arab Saudi peluang lolos ke babak selanjutnya terbuka lebar," ujar Ali Budimansyah yang juga dikenal dengan julukan Budi Jordan.

FIBA Asia Cup 2022 menggunakan sistem playoff untuk tim yang akan berlaga di perempat final. Juara dari masing-masing grup akan langsung lolos. Sementara tim peringkat kedua grup, akan melawan tim posisi tiga grup lainnya. 

Indonesia bergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan Australia. Jika juara grup, Indonesia lolos langsung ke perempat final sekaligus memastikan tiket berlaga di FIBA World Cup 2023. Jika finis sebagai runner up, Indonesia akan berhadapan dengan tim peringkat ketiga Grup B yang diisi Cina, Korea Selatan, Cina Taipei, dan Bahrain. Sementara jika menempati peringkat ketiga Grup A, Indonesia akan berhadapan dengan runner up Grup B. 

Skenario terbaik selain juara grup adalah menjadi runner up. Sebab, Indonesia kemungkinan akan terhindar dari Cina dan Korea Selatan yang diprediksi menjadi juara dan runner up Grup B.

Budi menambahkan, kehadiran penonton langsung di lapangan membuat pemain lebih semangat bermain. Ia mengatakan, ada kiasan penonton adalah pemain keenam di olahraga basket. 

Budi merupakan salah satu pelaku sejarah di ajang FIBA Asia Cup. Ketika Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup pada 1993, Budi merupakan salah satu pemainnya. Itu sebabnya ia sangat memahami arti pentingnya dukungan penonton saat timnas basket bertanding.

"Dukungan penonton akan membuat pemain lebih semangat. Oleh sebab itu saya mengajak mari kita putihkan Istora saat laga perdana lawan Arab Saudi, serta laga lainnya," kata Budi.

Indonesia sebelumnya berhadapan dengan Arab Saudi pada laga Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Indonesia kalah telak 66-95 pada pertemuan pertama di Arab Saudi. Kemudian pada pertemuan kedua awal bulan ini, Indonesia yang tidak tampil full team hanya kalah 67-69. Ini membuat Budi optimis Arki Dikania Wisnu dkk akan memenangkan pertandingan pembuka menghadapi lawan yang sama di FIBA Asia Cup.

Di mata Budi, kepercayaan diri pemain usai meraih emas SEA Games 2021 Vietnam sedang meningkat. Cara bermain serta sistemnya juga berbeda dari sebelumnya dengan kombinasi pelatih Rajko Toroman dan Milos Pejic.

"Suasana di ruang ganti, baik manajemen, pelatih dan sesama pemain harus terus dijaga. Jangan sampai ada  perseteruan. Kalau ini bisa dijaga dengan baik, kepercayaan diri jangan terlalu berlebihan dan juga dukungan penonton, saya yakin Indonesia bisa menang lawan Arab Saudi," kata Budi.

Laga Indonesia vs Arab Saudi juga sudah dinantikan oleh sejumlah selebritas yang menggemari basket. Kemal Pahlevi jauh-jauh hari menyatakan akan meluangkan waktunya duduk di tribun penonton untuk memberikan dukungan kepada timnas basket Indonesia.

"Saya yakin penampilan Indonesia di FIBA Asia Cup 2022 ini akan jauh lebih baik dibandingkan FIBA World Qualifiers. Saya mengajak semua pecinta basket Indonesia untuk sama-sama datang ke Istora untuk mendukung timnas basket kita melawan Arab Saudi, Yordania, dan Australia," kata Kemal.

Hal serupa disampaikan Asri Welas. Artis, presenter, dan penyiar radio ini mengaku akan datang ke Istora bersama keluarganya. Asri mengaku suaminya juga senang dengan basket.

"Ini saatnya kita menunjukkan dukungan kepada timnas basket kita agar bisa meraih kemenangan di FIBA Asia Cup. Di FIBA World Cup Qualifiers ita kalah, tapi permainan timnas kita bagus banget. Sekarang pada kompetisi berbeda dan penting untuk kita, saya yakin kita akan membalas kekalahan dari Arab Saudi," kata Asri.

Pecinta basket Indonesia bisa membeli tiket secara offline dan online. Tiket offline dijual di ticket box di Istora Senayan, Jakarta yang dibuka mulai pukul 10.00 pagi sampai 20.00 malam.

Untuk pembelian secara online bisa mengakses laman http://tickets.asiacup.basketball/. Jika belum menerima konfirmasi tiket, pembeli bisa mengirim nama, email, dan nomor telepon ke tickets@fibaasiacup2022.com dan info.fibaasiacup@gmail.com. (*)