Kevin Moses Bicara Soal Sumpah Pemuda


Oct 28, 2020

Setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati sebuah peristiwa besar yang berkaitan dengan pemuda. Peristiwa tersebut dinamakan dengan Sumpah Pemuda. Kevin Moses Eliazer Poetiray sebagai bagian dari pemuda Indonesia, ingin agar para pemuda tetap fokus di bidang masing-masing untuk mengharumkan nama Indonesia.

Pemuda menjadi unsur penting dalam perjuangan bangsa Indonesia. Ketika para pemuda bersatu, Indonesia semakin kuat. Tetapi perjuangan di masa sekarang tentu berbeda dengan zaman dulu. 

Kevin Moses mengatakan bahwa sumpah pemuda menjadi momen mempersatukan bangsa. Pemain Louvre Surabaya tersebut memaknai peristiwa tersebut sebagai saat di mana pemuda dan pemudi Indonesia mengorbankan waktu, tenaga, harta, pikiran, dan jiwanya demi persatuan Indonesia. 

"Kalau sekarang, tugas pemuda dan pemudi Indonesia berbeda. Tidak perlu berperang seperti zaman dulu. Cukup dengan passionate di bidang masing-masing, sehingga bisa menginspirasi pemuda dan pemudi masa depan untuk memajukan bangsa di bidang tersebut," kata Moses.

Sebagai pemain basket, salah satu prestasi tertingginya adalah membela timnas Indonesia di ajang internasional. Kevin Moses sudah pernah mewaliki Indonesia di ajang FIBA 3x3 World Cup 2017 dan FIBA 3x3 U23 Nations League. Menurutnya, itu bentuk perjuangan pemuda Indonesia di masa sekarang.

"Sebagai anak basket, tetap semangat latihan dan tetap berlomba mengharumkan nama banga. Itu yang penting untuk bangsa Indonesia sekarang. Kita pemuda Indonesia harus menunjukkan martabat bangsa melalui olahraga," jelasnya.

Sebagai tambahan, di masa pandemi Covid-19 ini, peran pemuda juga besar. Moses bilang, bahwa dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, maka bisa menghambat penularan virus corona. Oleh sebab itu, khususnya pemain muda di IBL harus selalu mengutamakan kampanye #SALINGJAGA. (*)