Kesempatan Bagus untuk M. Arighi di SEA Games Vietnam


Apr 05, 2022

Mungkin kalau berbicara soal caps bermain membela Timnas Indonesia, Muhamad Arighi Hadran Noor ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, dia sudah membela Timnas Indonesia di kelompok usia, sebelum beranjak ke tim senior. Arighi juga sempat ikut dalam tim yang dikirim ke FIBA Asia Cup Qualifiers. Namun dia punya kesempatan emas di SEA Games 2022 Hanoy, Vietnam, untuk bisa mematok prestasi yang lebih tinggi. 

Arighi masuk Pelita Jaya melalui jalur pemain rookie rekomendasi. Ini membuatnya gembira, karena bisa belajar langsung dengan idolanya, yakni Andakara Prastawa Dhyaksa. Dan, memang begitulah adanya. Arighi menjadi point guard pelapis Prastawa selama musim reguler IBL Tokopedia 2022. Perannya juga sangat penting dalam menjaga kestabilan lini utama dan cadangan di Pelita Jaya. 

Meski dikatakan sebagai rookie di Pelita Jaya, namun sejatinya Arighi bukanlah pemain baru di IBL. Tahun lalu dia juga pernah bermain di IBL bersama tim Indonesia Patriots. Meski begitu, penampilan tersebut tidak dihitung sebagai rookie, mengingat Patriots adalah tim yang dibentuk PP Perbasi untuk ikut IBL saja. Mereka ikut liga untuk menggembleng dan memberi pengalaman kepada para pemain calon punggawa Timnas Indonesia. 

Kembali ke Arighi, pada musim 2020, saat bersama Patriots, dia tampil 16 game dengan rata-rata tampil selama 23,3 menit per game. Dari jumlah tersebut, Arighi mencetak rata-rata 7,7 PPG, 3,3 RPG, 2,1 APG, da 0,8 SPG. Setelah beranjak ke musim 2022, atau saat dirinya bersama PJ, Arighi diturunkan oleh coach Fictor G. Roring dalam 21 game selama rata-rata 20,9 menit per game. Arighi musim ini mengoleksi catatan rata-rata statistik sebanyak 6,8 PPG, 2,8 RPG, 2,4 APG, dan 1,0 SPG. 

Arighi tentu berharap dirinya bisa lolos atau terpilih masuk roster Timnas Indonesia untuk SEA Games Vietnam. Kalau itu bisa terwujud, maka akan jadi kesempatan emas baginya menorehkan prestasi di kancah internasional. (*)