News News

Dewa United Banten Masuk 5 Nominasi IBL Awards 2024

10 July 2024
|

IBL 2024 akan memasuki fase playoffs mulai 11 Juli. Pihak liga pun telah mengumumkan nama-nama pemain dan pelatih yang masuk nominasi penghargaan individu. 

Ada beberapa kategori penghargaan, dan kriteria yang sudah disiapkan liga. Kategori untuk pemain tahun ini ada IBL League MVP, IBL Local MVP, IBL Rookie of The Year, IBL Defensive Player of The Year, IBL Most Improve Player, IBL Sixthman of The Year IBL. Kemudian di luar pemain ada Coach of The Year dan Referee of The Year. 

Dari delapan penghargaan tersebut, penggawa Dewa United Banten masuk ke dalam lima nominasi kategori. Anak Dewa yang masuk nominasi adalah Kaleb Ramot Gemilang (IBL Local MVP & IBL Defensive Player of The Year), Jordan Adams (IBL League MVP), Radithyo Wibowo (Rookie of The Year), dan Pablo Favarel (Coach of The Year).

Untuk IBL Local MVP, Kaleb Ramot Gemilang akan bersaing dengan Abraham Grahita (Satria Muda Pertamina), Abraham Wenas (Bali United Basketball), Fisyaiful Amir (Amartha Hangtuah), dan Yudha Saputera (Prawira Harum Bandung). Berdasarkan statistik selama fase reguler, Kaleb mencatatkan 9.3 PPG, 2.4 APG, 3.1 RPG, 24.8 MPG, dan 258 EFF.

Pada kategori IBL Defensive Player of The Year, Kaleb harus bersaing melawan Nuke Saputra (Kesatria Bengawan Solo), Reza Guntara (Pelita Jaya), Yudha Saputera (Prawira Harum Bandung, dan Brendan Jawato (Pelita Jaya). Selama fase reguler, catatan defensive Kaleb adalah 2.3 DRPG, 0.1 BPG, 0.7 SPG, dan 21.6 Net Rank.

Di kategori IBL League MVP, Jordan Adams bakal berhadapan dengan Kentrell Barkley (Kesatria Bengawan Solo), Stephen Hurt (Pacific Caesar Surabaya), Tyree Robinson (Satya Wacana Salatiga), dan Le'Bryan Nash (RANS Simba Basketball). Jordan sendiri telah mencatatkan 24 PPG, 4.6 PPG, 7.4 PPG, 27.8 PPG, dan 755 EFF, selama reguler season.

Sedangkan untuk kategori Rookie of The Year, Radithyo Wibowo akan berhadapan dengan tiga roster Satya Wacana Salatiga, yakni Imanuel Mailensun, Yehezkiel Mahesvara, dan Rexy Fernando, serta pemain Tangerang Hawks, Andrew Lensun. Dari statistiknya selama fase reguler, Radith mencatatkan 95 EFF, 4 PPG, 2.7 APG, 1.5 RPG, dan 13.9 MPG.

Sementara itu, di kategori Coach of The Year, Pablo Favarel bakal bersaing dengan David Singleton (Prawira Harum Bandung), Efri Meldy (Kesatria Bengawan Solo), Johannis Winar (Pelita Jaya), dan Youbel Sondakh (Satria Muda Pertamina). Dari 26 laga memimpin Anak Dewa di fase reguler, coach Pablo mencatatkan 22 kemenangan dan 4 kekalahan, dengan 21.6 Net Rank serta 85 persen win rate.

Setelah ditetapkan semua nominasinya, maka akan ada proses selanjutnya, yaitu voting. Voting dilakukan oleh seseorang maupu kelompok yang memiliki latar belakang, keahlian, dan pengetahuan serta mengikuti perjalanan kompetisi IBL 2024.

Mekanisme penilaian berbeda-beda untuk pemain, pelatih, dan wasit. Untuk pemain voting akan dilakukan oleh head coach dan media. Voting untuk pelatih dilakukan oleh media. 

Voters untuk penghargaan individu IBL Tokopedia 2024 adalah 14 pelatih kepala dari masing-masing kontestan liga, ditambah dengan 10 orang dari perwakilan media atau analis bolabasket.

Tahapan dari proses ini sendiri dimulai sejak 9 Juli, yaitu distribusi penilaian nominasi kepada publik dan voters, serta pengumuman kandidat atau nominasi dari masing-masing kategori penghargaan individu. Voters akan diberi waktu selama satu hari untuk menentukan pilihannya.

Kemudian, pengumuman nama akan dilakukan pada 11 Juli, atau bertepatan pada saat hari pertama pertandingan IBL playoffs 2024. Ayo Dewa United Fans, dukung dan doakan Anak Dewa meraih penghargaan individu di IBL 2024.

Baca Juga: Media Penentu Penilaian IBL Awards di Luar Statistik

0 Comments