Kandidat SOTY - Rio Disi (West Bandits Combiphar Solo)


Aug 05, 2022

Menarik untuk melihat catatan Rio Disi, salah satu pemain andalan West Bandits Combiphar Solo. Baru dua musim di liga, Rio sukses membuat tim lawan menganggapnya sebagai ancaman. Rio sering disebut sebagai pemecah kebuntuan West Bandits. Oleh sebab itu, dia masuk sebagai kandidat Sixth-Man of the Year IBL Tokopedia 2022. 

Rio Disi sangat cocok masuk kategori ini. Karena selama satu musim, dia tidak pernah menjadi starter. Rio selalu muncul dari bench. Tapi menit bermainnya cukup besar yakni di kisaran 20 menit setiap game. Ini menunjukkan bahwa dia adalah sosok yang penting di tim asuhan Raoul Miguel Hadinoto. Tak jarang, Rio malah dipasang di menit-menit krusial. 

Rio sendiri berkontribusi rata-rata 8,4 ppg, 2,0 rpg, dan 3,0 apg di musim reguler. Dia menjadi pendulang angka terbanyak kelima di tim West Bandits. Rio punya senjata andalan yaitu drive cepat yang membuatnya mampu menerobos pertahanan lawan. Dengan kelebihannya itu, Rio selalu berhasil memecah kebuntuan West Bandits saat mereka sulit mencetak poin. 

West Bandits sendiri menjadi tim yang punya rata-rata poin tertinggi kedua di IBL Tokopedia 2022 dengan catatan 73,6 ppg. Pantas kalau mereka ada di babak Playoffs sekarang. Rio sendiri memang baru dua musim tampil di IBL, namun dia akan membuat penampilan keduanya di babak Playoffs. Rio harus mengembangkan dirinya agar lebih baik di masa depan. Dengan menyandang kandidar Sixth-Man of the Year, maka akan meningkatkan rasa percaya dirinya. (*)