Kandidat SOTY - Andre Rorimpandey (NSH Mountain Gold Timika)


Aug 05, 2022

Andre Rorimpandey adalah salah satu dari empat pemain tim NSH Mountain Gold yang masuk kandidat penghargaan individu tahun ini. Karena setelah diumumkan, ternyata ada beberapa pemain yang berpeluang meraih penghargaan dari tim wakil dari Timika tersebut. Ada Shavar Newkirk (Kandidat Best Foreign Player), Ruslan (Kandidat Defensive Player of the Year), dan Hengki Infandi (Kandidat Most Improve Player of the Year). Andre sendiri masuk kandidat Sixth-Man of the Year. 

Sebenarnya bisa dibilang kalau posisi Andre sebagai point guard utama tim ini digeser oleh Jan Misael Panagan. Tapi Andre tetap menunjukkan kontribusi yang besar bagi NSH. Dia masuk sebagai pemain keenam di tim ini, dan hanya dua kali jadi starter. Sementara catatan rata-rata Rorimpandey selama reguler season IBL Tokopedia 2022 adalah 9,8 ppg, 2,9 rpg, dan 1,7 apg. Dia diturunkan selama 21, 1 menit per game, oleh head coach Anthony Garbelotto. 

Penampilan Andre memang kurang stabil, ada kalanya dia bermasalah dalam penyelesaian akhir, sehingga kontribusi poinnya sedikit. Namun ada pula yang bagus, dan bisa menghasilkan double digit point. Seperti saat NSH melawan Evos Thunder Basketball Bogor, di mana Andre bisa mencetak 20 poin, dengan memasukkan 8 tembakan dari 13 attempt. Andre delapan kali mencetak double digit point selama musim reguler 2022. 

Kehadiran Andre Rorimpandey di tim NSH Mountain Gold Timika sangat penting. Terutama untuk menjaga transisi dari pemain inti ke pemain cadangan. Karena tanpa ada Andre, tim cadangan NSH bakal timpang. Penting untuk Andre tetap dalam kondisi siap tempur ketika di Playoffs nanti. Karena NSH bisa jadi tim kuda hitam yang mengancam dominasi tim papan atas. (*)