Kandidat MVP - Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United Surabaya)


Aug 10, 2022

Kaleb Ramot Gemilang seperti terlahir kembali. Setelah semusim absen karena cedera, Kaleb kembali dengan penampilan luar biasa. Kaleb memberikan dampak yang besar untuk tim Dewa United Surabaya. Berkat kontribusinya tersebut, Kaleb masuk kandidat peraih penghargaan Most Valuable Player IBL Tokopedia 2022. 

Setelah sembuh dari cedera, kakak dari Jan Misael Panagan tersebut kembali ke tim Surabaya. Karena sebelumnya, Kaleb sempat membela CLS Knights Surabaya, dan menjadi bagian dari tim yang menjuarai IBL 2016. Dewa United sendiri merupakan tim representasi Kota Pahlawan. Sehingga Kaleb seperti kembali ke rumahnya sendiri. 

Selama musim reguler IBL Tokopedia 2022, Kaleb diturunkan 22 pertandingan dengan menit bermain sebanyak 31,2 menit per game. Dari situ, Kaleb bisa mengoleksi 15,5 ppg, 5,4 rpg, 1,7 apg, dan 1,2 spg. Seperti biasa, Kaleb tampil dengan fundamental yang bagus. Namun peningkatan yang bisa dirasakan adalah finishing touch yang dimiliki semakin bagus. 

Kaleb sendiri pernah menjadi MVP IBL 2018-19. Ketika dia masih memakai jersey Stapac Jakarta. Pada 16 game di musim reguler, Kaleb mencetak 12,2 ppg, 4,3 rpg, dan 1,3 apg. Kemudian di 4 pertandingan Playoffs, Kaleb mencetak 6,3 ppg, 5,3 rpg, dan 2,5 apg. Kaleb menjadi salah satu kunci Stapac meraih gelar juara. 

Sama halnya dengan Abraham Damar Grahita yang pernah menjadi rekannya di Stapac, Kaleb juga berpeluang menyamai rekor Jamarr Andre Johnson. Karena, siapa yang terpilih dari keduanya, Kaleb dan Abraham, maka mereka bakal menjadi pemain di liga yang menjadi MVP dua kali sejak tahun 2016. Sama seperti Jamarr