Kandidat DPOY - Vincent Rivaldi Kosasih (Pelita Jaya Bakrie Jakarta)


Aug 04, 2022

Rasanya sangat layak kalau seorang Vincent Rivaldi Kosasih masuk kandidat peraih gelar Defensive Player of the Year tahun ini. Sebab kehadiran Vincent membuat pertahanan Pelita Jaya Bakrie Jakarta semakin kuat. Vincent juga menjaga area perimeter dengan baik, sementara Dior Lowhorn berjaga di bawah ring. 

Vincent menjadi pencetak rebound terbanyak di Pelita Jaya dengan total rebound 6,1 rpg. Dari jumlah tersebut Vincent bisa mengoleksi rata-rata 3,5 defensive rebound per game, serta 1,0 block per game. Kemampuan bertahan Vincent tak usah diragukan lagi. Karena hal itu pula, Vincent terpilih sebagai pemain timnas Indonesia. 

Kehadiran Vincent di lapangan membuat persentase poin lawan di paint area turun. Tapi di sisi offense, Vincent juga cukup membantu. Dia mencetak 4,4 ppg dan 0,8 apg. Vincent mencetak field goals sebesar 40% selama tampil di musim reguler 2022. Kalau terus konsisten seperti ini, maka Vincent bisa membantu Pelita Jaya mendapatkan gelar juara IBL Tokopedia 2022. 

Namun sebagai kandidat Defensive Player of the Year, Vincent punya saingan yang berat. Khususnya di posisi center. Karena ada Ruslan dari NSH Mountain Gold Timika yang juga punya peran besar untuk timnya musim ini. Semuanya akan ditentukan oleh para voters yang terdiri dari 16 head coach dan 10 media, analis, dan content creator.