Kandidat DPOY - Ruslan (NSH Mountain Gold Timika)


Aug 04, 2022

Ruslan membuat penampilan terbaiknya dalam empat musim terakhir. Di IBL Tokopedia 2022, dia bisa bermain penuh dan sangat membantu NSH Mountain Gold Timika bertahan dari gempuran lawan, khususnya di paint area. Ruslan menjadi jawaban di tengah keterbatasan NSH. Sehingga dia layak jadi kandidat Defensive Player of the Year. 

Semua tahu kalau NSH kekurangan pemain selama musim reguler 2022. NSH hanya bermain dengan satu pemain asing yaitu Shavar Newkirk sepanjang musim reguler, karena Mike Glover berhalangan hadir. Tapi head coach Anthony Garbelotto tak mau membuat ini jadi kambing hitam. Dia tetap berusaha memaksimalkan roster yang ada. Salah satunya memasukkan Ruslan sebagai pilar utama timnya. 

Untuk catatan statistik yang berkaitan dengan offense, Ruslan bermain 22 game dengan catatan statistik 5,6 ppg. Akurasi free throw-nya di kisaran 64,9% dengan memasukkan 24 free throw dari 37 attempt. Karena berkaitan dengan defensive, maka kali ini fokus pada pertahanan saja. Rusland mencetak total rebound sebanyak 5,6 rpg. Sementara dari jumlah tersebut sudah termasuk 3,5 defensive rebound per game. 

Ruslan jelas menjadi jawaban ketika Glover belum datang. Dia bisa memanfaatkan tinggi badannya untuk menghalau serangan lawan. Oleh karena itu, ada catatan yang cukup bagus yaitu block. Ruslan bisa mencetak average 1,3 block per game selama reguler season 2022. Tak jarang Ruslan harus berhadapan dengan pemain asing seperti Dior Lowhorn dari Pelita Jaya, atau Elijah Foster dari Satria Muda. 

Tapi di babak Playoffs nanti, tugas Ruslan bakal sedikit ringan. Karena Mike Glover sudah datang. Namun gelar individu tidak menghitung statistik Playoffs. Maka berkat performanya di musim reguler, Ruslan berpeluang mendapatkan gelar DPOY tahun ini. (*)