News Event

AF Rinaldo Nakhoda Baru Dewa United

15 August 2023
|

Baru saja diberitakan, bahwa Dewa United Banten berpisah dengan head coach Santiago Rimoldi. Tetapi segera disusul dengan kabar bahwa manajemen merekrut pelatih baru. Kali ini bukan dari luar negeri, melainkan pelatih sekaligus legenda basket Indonesia, Antonius Ferry Rinaldo. Manajemen cukup yakin dengan kualitas mantan point guard nasional tersebut. 

"Kami dengan resmi mengumumkan kerja sama dengan Coach Inal. Tentunya kami menyambut hangat kehadirannya untuk sama-sama berjuang musim depan," kata CEO Dewa United Banten Michael Oliver Wellerz. "Semoga pengalaman yang dimiliki Coach Inal bisa membawa warna baru dan juga prestasi yang lebih baik lagi untuk Dewa United Banten di IBL."

Memang cukup singkat sambutan awal dari manajemen Dewa United tersebut. Mereka tidak menjelaskan apa pertimbangan merekrut Coach Inal. Mengingat rekornya kurang bagus dalam dua musim terakhir bersama RJ Amartha Hangtuah Jakarta. Sejak pindah ke Hangtuah (2022 dan 2023), AF Rinaldo punya rekor 24-28. Kalau ditarik mundur lagi, pada musim 2021, AF Rinaldo hanya bisa mencetak empat kemenangan dari 16 pertandingan, saat menangani Mountain Gold. 

Tetapi jangan salah kira, bahwa Coach Inal punya catatan yang bagus di musim 2020 bersama NSH (nama sebelum berubah menjadi Mountain Gold). Pada musim tersebut, mereka bisa mencetak rekor 10-4, sebelum liga dihentikan karena pandemi. AF Rinaldo sendiri juga pernah membawa tim sampai ke final liga. Tepatnya saat menangani Pelita Jaya di musim 2014-15. Sehingga, Dewa United bisa berharap banyak darinya. 

"Visi dan misi yang dimiliki Dewa United cukup jelas yaitu ingin membuat tim yang kuat ke depannya, itu yang pertama," ungkap Coach Inal. "Prestasi Dewa United juga saya pikir cukup luar biasa. Walaupun terbilang tim baru di IBL tapi sudah bisa dua kali mencapai final four atau semifinal."

Tanda-tanda bergabungnya Coach Inal sudah terlihat beberapa waktu lalu. Pada saat gelaran Indonesia International Basketball Invitational di Indonesia Arena, Coach Inal terlihat menyaksikan salah satu pertandingan bersama Kaleb Ramot Gemilang, sang MVP IBL Tokopedia 2023. Namun baru sekarang dipastikan bahwa Coach Inal akan menangani Dewa United di musim 2024. (*)

Baca Juga: Rivalitas Prawira dan Dewa United di IBL

0 Comments