Kandidat Best Foreign Player - Tyron Lamar Criswell (Pacific Caesar Surabaya)


Aug 06, 2022

Sudah bukan rahasia lagi kalau Pacific Caesar Surabaya merupakan tim yang jeli memilih pemain asing. Mereka selalu punya pemain asing yang menonjol dari waktu ke waktu. Sebut saja David Seagers, Matthew Van Pelt, Decorey Jones, Taylor Statham, Luis Jacobo, Anton Waters, hingga sekarang Tyron Lamar Criswell. Nama terakhir berhasil menembus kandidat Best Foreign Player IBL Tokopedia 2022. 

Musim ini, Pacific memiliki dua pemain asing istimewa, yakni Tyron Chriswell dan Akeem Ellis. Alasannya kedua pemain tersebut mampu berkontribusi average double digit points. Criswell mencetak 14,9 ppg, dan Ellis menghasilkan 13,6 ppg. Criswell yang masuk kandidat Best Foreign Player menambahkan 5,9 rpg, dan 1,6 apg. Sebenarnya kedua pemain membawa dampak besar bagi tim Pacific musim ini. 

Criswell pernah bermain untuk Nevada University dan dinobatkan sebagai MVP CBI karena mencetak average 21,3 ppg. Sengaja atau tidak, ternyata Criswell masuk dalam 27 nama pemain alumni Nevada yang berkarier di profesional, termasuk NBA, G-League hingga liga-liga di luar Amerika Serikat. 

Sementara di Indonesia, pemain yang berstatus alumni Nevada adalah Elijah Foster. Pemain yang kini akan tampil untuk tahun keduanya bersama tim Satria Muda Pertamina Jakarta. Kedua pemain, Criswell dan Foster, bisa jadi contoh pemain asing lainnya yang ingin berkarir di Indonesia. Karena selain memberi dampak besar, attitude mereka juga bagus. (*)