Kalau Dapat Kesempatan, David Seagers Harus Benahi Reputasi


Nov 08, 2021

Kalau berbicara pemain asing terbaik dalam perjalanan liga, kurang lengkap tanpa David Vincent Seagers. Pemain asing favorit Pacific Caesar Surabaya selama dua musim. 

David Seagers bermain untuk Pacific Caesar dalam dua musim, yaitu 2016-17 dan 2017-18. Dalam dua musim tersebut, dia membantu Pacific yang biasa ada di dasar klasemen liga, menjadi salah satu tim papan atas di liga. Seagers sukses membawa Pacific lolos Playoffs dua musim berturut-turut. 

Menurut data FIBA 3x3, Seagers pernah menjadi pemain 3x3 terbaik nomor 2 di Amerika Serikat. Dia beberapa kali tampil di ajang FIBA 3x3 World Tour Masters. Jadi kemampuan individunya tidak perlu diragukan lagi. Di musim 2017-18, Seagers mencetak 21,2 PPG. Dia dinobatkan juga sebagai Top Assists dan Best Foreign Players of the Year. 

Sederet prestasi gemilang tersebut yang mendasari KAI Bima Perkasa mengambilnya sebagai pemain asing pengganti di musim 2018-19. David Seagers dan David Tanner Atkinson menggantikan Zachary David Allman dan Leshaun Murphy. Duo David tersebut berhasil membawa Bima Perkasa masuk Playoffs untuk pertama kalinya sejak IBL 2016. 

Namun semua itu seakan sirna ketika Seagers bermain di tim KAI Bima Perkasa di IBL Pertamax 2020. Performa Seagers tidak segarang sebelumnya. Dalam empat laga, Seagers memang bisa mencetak 16,0 PPG. Tapi tidak bisa membawa kosistensi permainan dan kemenangan di tim Bima Perkasa. Dia akhirnya digantikan oleh pemain lain. 

Nama Seagers memang ada dalam daftar pemain asing yang disediakan liga untuk musim 2022. Meski bukan salah satu nama favorit, setidaknya Seagers punya pengalaman bermain di Indonesia yang lebih lama dari pemain lain. Jadi kalau dia nanti dapat kesempatan, terpilih oleh salah satu tim IBL, maka Seagers harus membangun ulang reputasinya di Indonesia. Dia harus menjawab kesempatan yang diberikan dengan performa maksimal. (*)