Juan Laurent Kokodiputra, Pemain yang Serbaguna


Apr 07, 2022

Pemain Satria Muda Pertamina Jakarta yang masuk TC Timnas Indonesia proyeksi SEA Games Vietnam cukup banyak. Salah satunya adalah Juan Laurent Kokodiputra. Pemain yang serbaguna, dan bisa diandalkan untuk posisi bigman. 

Juan Laurent dalam tiga musim terakhir selalu menjadi pilihan tim inti SM di IBL. Tak hanya itu, dia juga selalu masuk dalam skuad Timnas Indonesia, di era kepelatihan yang dipimpin Rajko Toroman. Juan membuktikan kualitasnya sebagai pemain muda yang punya pengalaman cukup banyak di laga-laga internasional.

Posisi asli pemain berusia 26 tahun tersebut adalah forward. Tapi dia juga punya kemampuan menembak jarak jauh. Akurasinya cukup bagus untuk ukuran seorang forward. Bahkan di musim ini, pemain dengan tinggi 194 cm tersebut bisa mencetak 34% untuk tembakan three point. 

Juan sendiri tidak pernah absen di IBL Tokopedia 2022. Dia tampil 22 pertandingan dalam 22,6 menit per game. Kontribusi rata-rata Juan musim ini adalah 8,0 PPG, 4,5 RPG, dan 2,3 APG. Namun secara statistik, jelas turun dari tahun lalu. Sebab di musim 2020, Juan mencetak 10,8 PPG, 5,7 RPG, dan 1,1 APG. 

Soal peluang masuk timnas, Juan punya kans yang cukup besar. Selain pengalaman dan kemampuannya, faktor pelatih juga berpengaruh dalam hal ini. Pelatih tahu apa yang dibutuhkan timnya. (*)