Jelang IBL 2022 Pemain Asing Akan Mulai Berdatangan


Dec 15, 2021

Klub-klub peserta Kompetisi IBL 2022 sudah bersiap dengan serius menghadapi seri pertama yang akan mulai digelar 15 Januari. Kini, mereka sudah menyiapkan para pemain lokal sembari menunggu kedatangan para pemain asing, dimana setiap klub akan diperkuat dua pemain asing yang sudah mereka pilih saat IBL Draft lalu.

Semula para pemain asing dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada 8 Desember, terpaksa harus tertunda karena faktor  pandemi Covid-19.  Ada beberapa regulasi yang diubah karena situasi dan kondisi pandemi saat ini.

"Dinamika situasi covid yang terus berubah membuat ada beberapa penyesuaian dan  persyaratan yang lebih banyak dari sebelumnya," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah. 

"Regulasi kedatangan Tenaga Kerja Asing juga berubah.  Sebelumnya mereka bisa datang sebelum E-visa keluar, namun sekarang regulasinya e-visa harus keluar terlebih dahulu baru TKA bisa datang ke Indonesia," tambahnya.

Aturan lain yang juga sedikit berpengaruh adalah kewajiban karantina sepuluh hari bagi mereka yang baru tiba dari luar negeri.

Pengurusan kedatangan para pemain asing tersebut sepenuhnya dilakukan oleh manajemen klub masing-masing.

"Kloter pertama pemain asing kemungkinan akan tiba di Indonesia pada minggu ini," tutur Junas.

Kloter pertama dijadwalkan tiba 16 Desember, diikuti kloter berikutnya pada 24 dan 27 Desember.