Jaywuan Hill Pemain USA yang Jadi Idola di Vietnam


Nov 26, 2021

Sebagai kontestan baru di IBL musim 2022 nanti, Evos Thunder Basketball Bogor butuh pemain yang mumpuni agar mereka bisa mencuri perhatian fans. Mendatangkan pemain asing berkualitas bisa jadi jalan pintas bagi mereka. Pilihan Evos di IBL Draft 2021 untuk Foreign Players tampaknya sudah tepat. Pada Round 1 mereka langsung memilik Jaywuan Hill.

Center kelahiran Detroit, USA ini punya badan yang ideal sebagai bigman. Dia mampu bermain di luar dan dalam dengan sama baiknya. Kelebihan yang dimilikinya adalah agresifitas dalam mencetak poin. Dengan kemampuan lompatan yang tinggi, Hill bisa dengan mudah mencetak poin lewat slam dunk. 

Karir basket perguruan tinggi miliknya mungkin tidak mencolok. Bersama Southwest Baptist, di musim senior dia mencetak 8,6 PPG dan 3,9 RPG dalam 27 game. Namun ketika menginjak profesional, Dia berubah menjadi monster yang sangat menakutkan. Khususnya ketika bermain di liga bola basket Vietnam (VBA). 

Pada tahun 2017 dia berbagung dengan Thang Long Warriors. Dalam 20 laga, Hill mampu mencetak 28,8 PPG, 12,6 RPG, dan 2,6 APG. FG precetage-nya mencapai 44%. Angka yang fantastis itu membuat Tang Long Warriors mempertahankan Hill hingga musim 2019. Dia selalu mencetak poin rata-rata di atas 23,5 PPG dalam dua musim (2018 dan 2019). 

Dominasinya di bawah ring tidak hanya karena dia ada di liga Asia Tenggara saja. Sebab, Hill juga pernah tampil di NBL Kanada di musim 2017-2018. Dia memainkan 16 laga dengan torehan rata-rata 5,5 PPG. Di musim tersebut, Hill sempat mencetak 26 poin dalam waktu 31 menit, saat bertanding melawan Moncton Magic. Hill mencetak 20 poin plus lebih dari sekali dalam satu musim. 

Jelas dengan memilih Jaywuan Hill, pelatih Evos, Andre Yuwadi ingin membuat area bawah ring menjadi lebih garang. Apalagi di staf kepelatihan Evos ada Ricky Dwi Tauri, yang pernah menjadi bagian dari CLS Knights Indonesia di ABL, yang sudah akrab dengan pemain-pemain asing di liga tersebut. (*)