News Event

Jalan Terjal Satria Muda Menuju Final IBL 2024

30 July 2024
|

Setelah absen dalam Final IBL tahun lalu, Satria Muda Pertamina Jakarta akhirnya kembali ke partai puncak. Perjalanan Satria Muda tahun ini cukup berat. Mereka pernah terpuruk di awal musim, namun bisa kembali ke performa terbaiknya setelah mengalami beberapa perbaikan selama perjalanan musim reguler IBL Tokopedia 2024.

Satria Muda berhasil mendapatkan back-to-back champions di musim 2021 dan 2022. Tapi di musim 2023, mereka dikalahkan Pelita Jaya (0-2) di babak semifinal. Sehingga di musim 2024, Satria Muda berupaya bangkit untuk kembali ke final. 

Mereka melakukan perubahan besar-besaran dari sisi roster. Memasukkan beberapa nama besar di basket Indonesia, termasuk Abraham Damar Grahita. Sedangkan di sisi pelatih, mereka mendatangkan Manuel Pena Garces dari Spanyol. Lalu untuk pemain asing, tiga nama yang dimasukkan dalam roster adalah Jarred Shaw, Mychael Henry, dan Curtis Lee Davis III. 

Dalam lima laga pertamanya di musim reguler 2024, Satria Muda sudah kalah dua kali, dari Dewa United Banten (92-101) dan RANS Simba Bogor (81-86). Kemudian di bulan Maret, mereka kalah dari Prawira Harum Bandung. Situasi semakin sulit ketika memasuki periode April hingga Mei, di mana Satria Muda menelan empat kali kalah. Mereka dikalahkan oleh Satya Wacana Salatiga (68-84), Kesatria Bengawan Solo dua kali, dan Rajawali Medan (88-89).

Selain karena situasi seperti ini, manajemen segera mengambil langkah tegas. Mereka mengembalikan Youbel Sondakh ke posisi head coach. Sembari memperbaiki susunan pemain asing, yang sempat bermasalah dengan cedera. Tiga pemain asing ditambahkan Satria Muda di fase akhir musim reguler, yaitu Reynaldo Garcia Zamora, Elgin Cook, dan Artem Pustovyi. Sejak saat itu, Satria Muda berangsur-angsur membaik. 

Di tangan coach Youbel, Satria Muda meraih 10 kemenangan berturut-turut sebelum musim reguler ditutup. Sementara di babak playoffs, Satria Muda berhasil menyingkirkan Kesatria Bengawan Solo dengan keunggulan 2-1 di putaran pertama. Kemudian di babak semifinal, Satria Muda mengempaskan Dewa United Banten, yang notabene tim peringkat pertama di klasemen akhir IBL Tokopedia 2024. Satria Muda menyapu bersih Dewa United dua pertandingan berturut-turut (2-0), untuk mendapatkan tiket ke final. 

Satria Muda sekarang bukan tim yang sama dengan awal musim lalu. Karena di playoffs, mereka benar-benar membuktikan kelasnya sebagai salah satu tim terbaik di Indonesia. Kesatria Bengawan Solo mengalahkan Satria Muda dua kali di musim reguler, namun mereka tidak berdaya di hadapan Satria Muda. Begitu juga dengan Dewa United. Predikat sebagai juara musim reguler, tidak membuat pasukan Satria Muda gentar. Satria Muda menang 89-75 di Game 1, dan menghancurkan mimpi juara Dewa United dengan kemenangan 92-85 di Game 2. 

Kini Satria Muda kembali ke Final IBL, dan kembali berhadapan dengan rival sekotanya, Pelita Jaya Jakarta. Dalam sejarah Final IBL sejak 2016, Satria Muda dan Pelita Jaya sudah bertemu empat kali. Dari jumlah pertemuan tersebut, Satria Muda memenangkan tiga kali final melawan Pelita Jaya. Kini mereka berusaha untuk mendapatkan kembali gelar juara yang sempat lepas di musim lalu. 

IBL Tokopedia The Finals 2024 akan dimulai pada 1 Agustus mendatang. Satria Muda akan mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah di Game 1. (*)

Baca Juga: Jalan Terjal Bima Perkasa

0 Comments