Inilah 8 Tim yang Bakal Bersaing di Playoffs IBL Gojek 3x3 Seri Yogyakarta


Sep 10, 2022

Babak penyisihan IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 Seri 2 untuk kategori Elite sudah selesai. Pertandingan yang berlangsung di Sleman City Hall, Yogyakarta, Sabtu (10/9), menghasilkan 8 tim yang masuk babak perempat final (quarter final), yang akan dimainkan esok hari, Minggu (11/9). Playoffs juga akan berlangsung selama satu hari saja. 

Dimulai dari Pool A. Tim Satria Muda Pertamina Jakarta yang membungkus dua kemenangan, berstatus sebagai juara grup. SM mengalahkan Tangerang Hawks dengan skor 9-6, serta menang 12-3 atas Satya Wacana Salatiga. SM kali ini ditantang oleh Bumi Borneo. Wakil Pontianak tersebut menempati peringkat kedua Pool C, setelah menghabisi dua tim asal Surabaya, yakni Pacific Caesar (10-9), dan Dewa United (10-6). Sayangnya Bumi Borneo kalah dari Amartha Hangtuah, sehingga mereka harus puas berada di tempat kedua.

Perempat final selanjutnya mempertemukan RANS PIK Basketball dengan Prawira Bandung. RANS ini cukup mengejutkan. Karena dalam dua seri IBL Gojek 3x3 tahun ini, mereka selalu sapu bersih di babak penyisihan. Di seri kedua, RANS mengulang sukses dengan mengalahkan West Bandits Combiphar Solo (10-6), kemudian menang atas Bali United Basketball (12-11), dan terakhir menang atas Evos Thunder Basketball (7-4). 

Lawan RANS di babak quarter final adalah Prawira Bandung.  M. Fhirdan Guntara dan kawan-kawan berhasil mencuri dua kemenangan dari tiga game. Prawira menang 10-7 atas Pelita Jaya Bakrie Jakarta, dan menang 13-11 atas NSH Mountain Gold Timika. Tapi di game terakhir, mereka kalah 9-13 lawan Bima Perkasa Jogja, sehingga menjadi runner-up Pool B. 

Bima Perkasa berpeluang kembali ke final untuk seri kedua. Mereka menunjukkan permainan yang luar biasa di babak penyisihan dengan sapu bersih. Bima Perkasa menang 13-5 dari NSH, kemudian mengalakan Pelita Jaya dengan skor 12-8, dan terakhir mengalahkan Prawira dengan keunggulan 13-9. 

Bima Perkasa akan berhadapan dengan Bali United Basketball sebagai runner-up Pool D. Di grup ini, terjadi persaingan yang sengit. Bali United, West Bandits, dan Evos sama-sama menang sekali. Namun dalam 3x3, kalau ada tiga tim yang punya jumlah kemenangan sama, maka dihitung average poin yang dimasukkan. Bali United lebih banyak dengan rata-rata poin yang dimasukkan sebanyak 12,7. Jumlah tersebut didapatkan dari 38 poin dibagi tiga pertandingan. 

Pertandingan quarter final besok yang terakhir mempertemukan Amartha Hangtuah Jakarta melawan Tangerang Hawks. Di Pool C, juga terjadi penghitungan average poin yang dimasukkan. Karena Hangtuah, Bumi Borneo, dan Dewa United sama-sama mengoleksi dua kemenangan. Hangtuah menang 15-12 atas Bumi Borneo. Kemudian disusul dengan kemenangan atas Pacific Caesar (11-5). Sementara total dalam tiga pertandingan, Hangtuah mengumpulkan 36 poin, sehingga kalau dirata-rata jumlahnya lebih tinggi dari Bumi Borneo dan Dewa United. 

Lawan Hangtuah kali ini adalah Hawks. Tim yang lolos ke quarter final setelah menang sekali melawan Satya Wacana Salatiga dengan skor 9-6. Keuntungan ini didapat Hawks, karena mereka berada di Pool A, yang hanya diisi oleh tiga tim saja. Hawks kini berpeluang untuk mencetak prestasi yang lebih baik dari seri pertama. 

Babak Playoffs IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 Seri 2 akan dimainkan pada hari Minggu, 11 September 2022, di Sleman City Hall, Yogyakarta. (*)