Indonesia Hajar Kamboja di Laga Ketiga


May 19, 2022

Indonesia memenangkan tiga pertandingan beruntun di babak penyisihan SEA Games Hanoi. Menyusul kemenangan atas Kamboja dengan skor telak 94-44, pada hari Kamis (19/5). Lewat kemenangan tersebut, Indonesia memimpin klasemen sementara dengan sistem round-robin. 

Indonesia sudah unggul 32-14 di kuarter pertama. Ada empat tembakan three point yang bersarang di ring Kamboja. Sementara di paint area, Indonesia berhasil membuat Kamboja porak-poranda. Satu slam dunk dari Vincent Kosasih membawa Indonesia memimpin 16 angka (23-7) di sisa empat menit. Vincent menjadi starter kali ini bersama Juan Laurent Kokodiputra, Brandon Jawato, Abraham Damar Grahita, dan Andakara Prastawa Dhyaksa. 

Performa Indonesia di laga ini cukup baik, terutama dari bench player. Sebab, head coach Milos Pejic tampaknya membuat rotasi pemain, karena lawannya tidak sekuat dua tim sebelumnya. Dari bench, Dame Diagne mencetak 14 angka, dan Hardianus Lakudu menambahkan 11 angka. Bench point Indonesia kali cukup tinggi dengan sumbangan 50 poin. 

Sebaliknya dari starter player, Prastawa dan Juan sama-sama menyumbang 11 angka. Vincent mengumpulkan 9 angka, disusul Abraham (7 angka), dan Brandon Jawato (6 angka). Kemenangan ini sangat berarti bagi Indonesia untuk mengumpulkan poin. Karena sistem pertandingan yang digunakan adalah round-robin. 

Sebaliknya dari Kamboja, R. Hu mengumpulkan poin terbanyak dengan 11 angka. Mereka hanya bisa memasukkan 16 tembakan dari 61 attempt atau dengan precentage 26 persen. Kamboja sudah kalah tiga kali di edisi kali ini. Sehingga sulit bagi Kamboja untuk naik ke tiga besar di SEA Games. 

Selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Singapura, Jumat, 20 Mei 2022. Laga ini sangat penting bagi Indonesia untuk membuat mereka tetap di peringkat teratas klasemen. (*)