IBL Rewind: Satya Wacana Catatkan Sejarah


Dec 10, 2021

2021 segera berakhir, banyak kejadian yang terjadi pada tahun ini, terutma di Indonesia Basketball League (IBL). Ada sejarah yang tercipta, ada pula momen yang tak terlupa. Mencoba sedikit mengingat kembali, IBL rewind akan membahas beberapa kejadian yang tak terlupakan pada musim ini.

Satya Wacana Saints Salatiga mencatatkan kemenangan dramatis atas Hangtuah Jakarta pada lanjutan Indonesia Basketball League (IBL) Pertamax 2021, Minggu (21/3). Satya Wacana Saints Salatiga menang dengan skor 104-99.

Kemenangan tersebut terasa spesial karena kedua tim melakoni laga hingga tiga kali overtime. Selain itu, pertandingan antara Satya Wacana Saints Salatiga kontra Hangtuah menjadi yang pertama mencatatkan 100 poin pada IBL Pertamax 2021.

Jika ditarik ke belakang, pertemuan Satya Wacana Saints Salatiga kontra Amartha Hangtuah memang selalu panas dan berakhir overtime. Musim lalu, Satya Wacana Saints Salatiga kalah dari Hangtuah lewat overtime dengan skor 108-115.

Saat itu, overtime hanya terjadi sekali. Sementara pada IBL Pertamax 2020, kedua tim harus melakoni hingga tiga kali overtime.

Terakhir kali ada pertandingan yang mencapai tiga kali overtime terjadi pada era NBL 2014. Kala itu, Stadium Jakarta berhadapan dengan Hangtuah. Di akhir pertandingan, Stadium Jakarta keluar sebagai pemenang.

Catatan spesial juga ditorehkan penggawa Satya Wacana Saints Salatiga, Antoni Erga, pada lagi kali ini. Erga membukukan 22 poin, empat assist. Uniknya, Erga memiliki rataan true shooting percentage mencapai 57 persen.