Indonesia Basketball Festival Gelar Seri Terakhir di Jakarta


May 30, 2022

JAKARTA -- Indonesia Basketball Festival (IBF) memasuki fase akhir. Setelah menyelesaikan empat series di Mimika, Bali, Yogyakarta, dan Bali, IBF akan menggelar series penutup di Jakarta sebelum menuju puncaknya, yaitu Championship Series. Pertandingan akan berlangsung  30 Mei sampai 3 Juni 2022 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebanyak 12 tim putra ambil bagian dalam series di Ibu Kota ini. Sementara di bagian putri, ada 9 tim yang berpartisipasi. Para peserta bermaterikan pemain kelompok usia 19 hingga 22 tahun yang berasal dari berbagai kota. Selain tim asal Jakarta, ikut pula wakil dari Bogor, Depok, Bandung, Sukabumi dan Tangerang yang membuat series ini diyakini bakal kompetitif.

Jakarta Series merupakan series penutup dari pergelaran IBF di lima kota berbeda di Indonesia. Ajang ini merupakan rangkaian event menyambut penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 yang bakal bergulir pada 12-24 Juli 2022 di Jakarta. IBF diharapkan meningkatkan antusiasme masyarakat kepada olahraga bola basket serta menyemarakkan FIBA Asia Cup 2022.

Juara putra dan putri IBF Jakarta Series juga akan mewakili Jakarta pada IBF Championship Series yang juga akan berlangsung di Ibu Kota.

IBF Jakarta Series tidak sekadar menggelar pertandingan basket. Sepanjang penyisihan hingga final, panitia penyelenggara akan menggelar live music serta promo dari para sponsor event ini, yakni Mandiri, Telkomsel, dan Indihome. 

Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup Indonesia 2022 Junas Miradiarsyah meyakini persaingan IBF Jakarta Series ini lebih ketat dibandingkan sebelumnya. Sebab, peserta tak hanya dari Jakarta, melainkan juga dari kota-kota sekitar hingga Bandung yang memiliki tradisi basket bagus. Junas berharap series penutup IBF ini berlangsung dengan lancar sebelum menuju Championship Series. 

"Semoga tim-tim peserta di IBF Jakarta Series ini menyuguhkan pertandingan kompetitif dan menghibur. Saya percaya tim-tim dari IBL juga memantau bakat-bakat basket yang berlaga di IBF Jakarta Series ini," kata Junas. Untuk info lebih detail mengenai Indonesia Basketball Festival (IBF) bisa mengikuti Instagram @indonesiabasketballfestival.

*Tim Peserta IBF Jakarta Series*

*Putra* 1. Budi Luhur Cakti, Jakarta  2. Swans, Jakarta  3. Dreya Indonesia, Jakarta  4. Bogor Thunder Basketball Club  5. Sonic, Jakarta  6. Gundar, Depok  7. GSBC, Jakarta  8. Kota Kembang, Bandung  9. Bumi Siliwangi, Bandung  10. Baslife, Jakarta  11. Ocean Basketball, Sukabumi  12. Brotheroots Griffins, Tangerang Selatan 

*Putri* 1. Budi Luhur Cakti, Jakarta  2. Swans, Jakarta  3. Dreya Indonesia, Jakarta  4. Bogor Thunder Basketball Club 5. Hawks, Tangerang  6. Tanago Friesian, Jakarta  7. Cougar PERBANAS, Jakarta  8. Hunters, Bandung  9. Girlsquad Playfield, Jakarta