News News

Indonesia Arena Diresmikan Jokowi, Semangat Panitia FIBA World Cup 2023 Terlecut

07 August 2023
|

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senin (7/8/2023). Gelanggang tertutup yang mampu menampung 16 ribu penonton tersebut akan menjadi perhelatan Kejuaraan Piala Dunia Bola Basket, FIBA Basketball World Cup 2023 yang digelar 25 Agustus - 3 September.

Dalam peresmian yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendy, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, serta Menpora, Dito Ariotedjo itu, Presiden Jokowi mengatakan arena yang dibangun selama 18 bulan dan memakan anggaran Rp 640 miliar ini akan berguna untuk ajang olahraga serta kegiatan konser. 

"Indonesia Arena bisa dipakai untuk turnamen basket, utamanya, tapi juga bisa untuk badminton, untuk bola voli, untuk futsal, dan juga tentunya untuk konser," kata Jokowi "Jadi sekarang yang mau konser silakan segera daftar karena saya yakin ini akan banyak akan lebih banyak digunakan untuk konser," ujarnya. 

Bagi Event Director FIBA Basketball World Cup 2023, Budisatrio Djiwandono, meski Indonesia Arena pekan lalu sudah digunakan untuk kegiatan uji coba di turnamen Indonesia International Basketball Invitational, namun peresmian oleh Presiden menjadi momentum untuk kian menyemangati panpel dalam menggelar kejuaraan dunia itu sebaik-baiknya.

"Kami bangga karena basket menjadi cabang olahraga pertama yang menggunakan Indonesia Arena. Terlebih digunakan untuk ajang level dunia. Kami di panpel juga makin bersemangat agar perhelatan FIBA World Cup 2023 nanti semakin sukses. Ada beberapa catatan selama uji coba di turnamen invitational kemarin, baik menyangkut fasilitas dan penyelenggaraan. Namun, dengan waktu tersisa, kami optimistis bisa mewujudkan turnamen FIBA World Cup terbaik di arena baru ini," ujar Budisatrio Djiwandono.

Acara peresmian ini turut dimeriahkan oleh pertandingan eksibisi oleh sejumlah selebriti dan mantan pebasket nasional serta pertunjukkan musik dari grup band Cokelat dan penyanyi Wika Salim.  Indonesia Arena secara khusus dibangun sebagai salah satu venue pertandingan Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang akan digelar pada 25 Agustus 2023 hingga 10 September 2023. Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dalam dua grup, yakni Grup G dan Grup H. Grup G berisi, Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brazil. Sedangkan Grup H berisi, Kanada, Latvia, Lebanon, dan Perancis.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Indonesia Arena Bersiap Menyambut FIBA World Cup 2023

0 Comments