Ibl Rookie Combine : Ada Faktor X yang Harus Dipahami Rookie


Oct 20, 2021

Amin Prihantono, salah satu shooter terbaik yang dimiliki Indonesia, menjadi salah satu mentor dan pelatih dalam IBL Rookie Combine 2021 yang berlangsung di Aim High Stadium, Tangerang, 20-23 Oktober.

“Skill dan postur pebasket muda sekarang sangat bagus dibanding jaman saya, namun selain skill juga diperlukan hal lain. Ada faktor X yang harus dipahami oleh mereka agar bisa bertahan dan cemerlang di IBL,” kata Amin yang memiliki pengalaman sepanjang 16 tahun bermain pada liga profesional bersama Satria Muda dan Pelita Jaya. Amin  menyabet tujuh kali gelar juara nasional, enam kali ketika membela Satria Muda dan sekali dengan bendera Pelita Jaya.

“Mereka mungkin sudah memiliki pengalaman bermain di level Divisi Satu, Liga Mahasiswa atau pun PON, tetapi atmosfer di IBL berbeda. Saya hanya membagi pengalaman kepada mereka bagaimana agar bisa survive di IBL dengan potensi dan kemampuan yang mereka miliki,” kata Amin yang masuk dalam skuat tim nasional perebut medali perak SEA Games 2007 Nakhon Ratchasima Thailand dan medali perunggu SEA Games 2011 Jakarta.

“Skill individu mereka mungkin jago, tetapi bagaimana mereka beradaptasi dengan sistem permainan di lapangan. Mereka juga harus bisa cepat beradaptasi dengan berbagai sistem permainan yang dijalankan oleh pelatih-pelatih IBL,” tegasnya.

“Kemampuan skill dan teknik individu bagus juga harus dengan IQ bolabasket di lapangan, cepat beradaptasi dengan pola permainan yang diinginkan pelatih-pelatih,” paparnya.