Ibl Playoffs: Langkah Louvre Belum Berhenti


May 24, 2021

Louvre Dewa United menjaga peluang ke babak semifinal setelah menyamakan kedudukan dengan mengalahkan KAI Bima Perkasa Jogja 67-63 lewat perpanjangan waktu di Britama Arena Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara. Penentuan penantang Pelita Jaya Bakrie di babak semifinal akan dipastikan pada pertandingan ketiga, Selasa 25 Mei.

Galank Gunawan membuka angka Bima Perkasa, dibalas oleh Kevin Moses Poetiray. Tembakan tiga angka Indra Muhammad membuat Bima Perkasa unggul. R. Azzaryan Pradhitya menambah angka dibalas oleh Wendha Wijaya. Lima menit awal, Bima Perkasa unggul 9-5.

Adhit kembali mencetak poin, dibalas oleh Leonardo Effendy. Tembakan tiga angka Nuke Tri Saputra menambah keunggulan Bima Perkasa. Adhit juga kembali menambah poin membuat Bima Perkasa unggul 19-7, sebelum menutup kuarter pertama dengan keunggulan 24-13.

Leonardo mengawali angka babak kedua. Wendha makin mendekatkan selisih, namun Adhit melesakkan tembakan tiga angka 27-19. Galank berbalas angka dengan Jamarr Andre Johnson 29-21. Sayang, Bima Perkasa harus kehilangan Nuke yang mengalami cedera engkel.

Ali Mustofa mencetak dua angka, Louvre mendekat lewat tembakan tiga angka Leonardo dan Dio Tirta Syahputra semakin mendekatkan jarak. Free throw Leonardo ditambah angka dari Dio Diansyah menyamakan kedudukan 31-31. Rachmad Febri Utomo dan Kevin Moses saling berbalas poin. Satu free throw Galank dan dua angka dari Adhit plus lay up Indra membuat Bima Perkasa memimpin di akhir babak pertama 38-33.

Lewat free throw Galank dan Restu Dwi Purnomo, Bima Perkasa memimpin pada awal babak kedua 41-33. Lay up dan tembakan tiga angka Kevin membawa Louvre mendekat, 41-38. Bima Perkasa merespon dengan tembakan tiga angka Febri dan Indra sebelum Jamarr mencetak dua angka, 47-40 pada lima menit awal kuarter ketiga.

 Bima Perkasa terus menjaga jarak, tembakan tiga angka Febri menutup poin untuk keunggulan Bima Perkasa, 56-45.

Restu mengawali poin pada kuarter terakhir 58-45. Skor ini bertahan sangat lama dan baru berubah ketika Leonardo mengeksekusi dua lemparan bebas ketika waktu tersisa 3:52 menit, 58-47. Satu lemparan bebas Gusti Putu Suputra, lay up Leonardo dan tiga angka dari Jamarr membuat Louvre mendekat 58-53 diwaktu tersisa di bawah dua menit. Lay up Suputra membuat pertandingan semakin menegangkan 58-55 pada waktu tersisa 31 detik.

Dan, tembakan tiga angka Jamarr pada buzzer time membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu, 58-58.

Samuel Devin membuka angka dengan satu lemparan bebas, namun dibalas lay up Kevin membuat Louvre unggul 60-59 diawal babak overtime. Louvre menambah angka, 63-59 lewat Suputra.  Bima Perkasa mendekat lewat angka dari free throw Adhit,  namun tiga angka dari Jamarr kembali menjauhkan selisih 66-61. Free throw Restu dan Galank membuat skor menjadi 66-63. Satu free throw Jamarr menambah keunggulan Louvre 67-63 pada waktu tersisa 17 detik dan menjadi skor akhir pertandingan.

Louvre menjaga peluang, dan pertandingan ketiga akan menjadi penentu siapa yang bakal melangkah ke semifinal.

Jamarr mencetak double-double dengan 19 angka dan 23 rebound. Leonardo mencetak 16 poin dan Kevin mengemas 11 angka. Dari kubu Bima Perkasa, Adhit mencetak 18 angka