News Event

IBL Oasis+ All Indonesian Tournament: Dua Kali Unsportmanlike Foul Hanya Dihukum Denda

23 September 2024
|

Ada yang berbeda pada peraturan pertandingan IBL Oasis+ All Indonesian Tournament 2024 yang akan dimulai Minggu, 22 September di Hall Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Jika dalam musim kompetisi reguler IBL, seorang pemain yang didiskualifasi dalam satu pertandingan karena telah dua kali melakukan unsportmanlike-foul dikenai hukuman denda dan larangan bermain dalam pertandingan berikut, maka pada turnamen ini hanya hukuman denda yang diberikan.

Selebihnya, peraturan tentang hukuman akibat diskualifikasi dalam satu pertandingan tidak ada perbedaan.

Diskualifikasi karena melakukan dua kali technical-foul akan dikenakan denda sebesar Rp. 5 juta tanpa dikenakan sanksi larangan mengikuti pertandingan berikutnya, begitu pula jika diskualifikasi karena akumulasi melakukan tenchnical-foul dan unsportmanlike-foul.

Diskualifikasi karena melakukan tindakan berlebihan seperti meludahi pemain dan/atau pelatih, dan/ atau ofisial, merusak peralatan pertandingan dan hal lain yamg belum diatur namun dinilai sangat berlebihan akan dikenakan sanksi larangan bermain dua pertandingan dan denda sebesar Rp. 10 juta.

Diskualifikasi karena meninggalkan bench pada saat terjadi perkelahian antarpemain akan dikenakan sanksi larangan satu pertandingan dan denda sebesar Rp. 5 juta.

Sanksi terkeras akan dijatuhkan jika pemain terkena diskualifikasi karena foul yang sangat keras seperti memukul, mencekik, membanting dan hal lain diluar batas kewajaran. Pemain tersebut akan dikenakan denda sebesar Rp 20 juta dan larangan bermain dalam tiga pertandingan. (*)

Baca Juga: Karl Gloria Tetap Bisa Bermain di Final Game 2

0 Comments