IBL Membuka Tahapan Persyaratan Kandidat Klub Baru


Jun 19, 2020

Jakarta - Di tengah situasi pandemi dimana pihak IBL membuat rencana serta menunggu kepastian perizinan untuk dapat melanjutkan sisa musim IBL Pertamax 2020, rencana jangka panjang serta persiapan musim berikutnya pun paralel juga dipersiapkan. 

Salah satu hal yang dipersiapkan adalah upaya menambah jumlah klub peserta. Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, menyebut terdapat beberapa calon kandidat klub baru berminat ikut serta mulai kompetisi IBL musim depan. "Sudah ada beberapa pihak yang menyatakan minat menjadi kandidat klub IBL," kata Junas.

Seluruh pihak yang sempat menyatakan ketertarikan menjadi kandidat, telah secara resmi menerima dokumen panduan dari pihak IBL yang berisi diantaranya mengenai informasi persyaratan, tahapan seleksi serta hak & kewajiban menjadi kandidat klub. Terdekat adalah batas waktu penyerahan surat ketertarikan keikutsertaan (letter of intent) beserta formulir pernyataan yang rencana dibuka hingga 1 Juli. 

Salah satu kandidat adalah klub asal Papua yang sempat menginformasikan melalui media sosial yang di rilis belakangan ini. “Betul bahwa klub tersebut merupakan salah satu pihak yang telah membuka komunikasi dengan IBL sebelumnya”, ujar Junas. Namun, saat ini kami masih menunggu tanggapan tertulis sebagai dasar rencana keikutsertaan. 

Untuk siapa saja pihak yang telah menyatakan ketertarikannya, kami belum dapat membuka informasinya hingga letter of intent tersebut diterima. “Karena kami juga ingin proses ini dijalankan secara profesional dan berdasarkan dokumen yang jelas”, menambahkan.

Mereka perlu melalui beberapa proses untuk lolos menjadi peserta IBL. Tahap pertama, bakal calon anggota IBL juga harus menyerahkan kelengkapan dokumen perusahaan dan surat rekomendasi Perbasi. "Tanpa dokumen resmi perusahaan dan rekomendasi PP Perbasi mereka tak bisa lanjut ke tahap verifikasi," tuturnya.

Proses evaluasi dan verifikasi bakal calon peserta akan dilakukan oleh IBL pada 15 Juli hingga 16 Agustus. "Apabila seluruh proses berjalan lancar, hasil verifikasi rencana akan kami umumkan pada 1 September," jelasnya.

Setelah proses verifikasi, klub yang lolos masih akan ada tahapan persyaratan administrasi untuk menyelesaikan tahap akhir. "Klub peserta baru IBL akan kami umumkan pada Oktober nanti," papar Junas.