Ibl Legends : Nus Lalisang Setia Pada Indonesia Muda


Oct 04, 2020

Nama Nus Lalisang mungkin asing bagi generasi bola basket milenial, tetapi tak bisa Nus adalah salah satu point guard legendaris Indonesia. Dia mengisi tim nasional Merah Putih sejak 1977 hingga 1982.

SEA Games dan Kejuaraan Asia serta beberapa turnamen bersama tim nasional Indonesia sudah diikutinya. "Saya sudah lupa turnamen apa saja," katanya.

Nus mulai mengasah kemampuan bola basketnya sejak SMP dan bergabung dengan klub Indonesia Muda.  "Saya tak pernah pindah dari IM hingga pensiun basket," ujarnya.

Tahun 1968 dia mulai memperkuat IM berlaga dalam kompetisi divisi utama DKI Jakarta. Tahun 1974, Nus sudah terpilih masuk tim DKI Jaya.

Tahun 1980 dia berlaga bersama Indonesia Muda di  Kobatama, cikal bakal IBL sekarang. "IM beruntun menjadi juara pada Kobatama pertama dan kedua di tahun 1980-1982," kenangnya.

Nus mengaku kini sudah tak lagi bermain bola basket. Dia menyebut kualitas penolak basket Indonesia saat ini harusnya bisa lebih baik.

"Dengan dukungan dukungan kemajuan teknologi, serta postur tubuh yang lebih baik, bola basket Indonesia seharusnya bisa berprestasi lebih tinggi," tuturnya.

"Mungkin sedikit kendalanya adalah bola basket di Indonesia belum menjadi industri seperti di negara-negara lain," katanya lagi.