Ibl Legends: Charly Affandi Setia Pada CLS Surabaya


Jun 12, 2022

Jika bicara tentang pemain yang setia pada satu klub, jangan lupa sebut nama ini : Cha. Charly Affandy, legenda bola basket salah satu klub legendaris Surabaya, Cahaya Lestari Surabaya (CLS) .

Charly hanya memperkuat CLS, tak pernah berpindah ke klub lain. Dia bahkan mulai berlatih basket di klub ini. “Saya sudah berlatih basket di CLS sejak umur 11 tahun,” kata pria kelahiran 31 Maret 1980.

Pada masanya, Charly menjadi swingman atau shooter andalan tim CLS. Dia adalah salah satu dari barisan Young Guns CLS yang sangat bertalenta seperti Agung Sunarko, Rony Gunawan dan Hari Suharsono. Ketiga pemain ini kemudian hijrah ke klub lain. Agung dan Rony menuju Satria Muda, Hari -yang kini sudah almarhum- bertolak ke Aspac Jakarta. Charly tetap bertahan di Surabaya hingga dia pensiun sebagai pemain pada tahun 2008.

“17 tahun lamanya saya bergabung dengan CLS. Pengalaman palin berkesan adalah ketika menjadi juara Pekan Olahraga Nasional 2000 di Surabaya,” ujarnya. Saat itu Jawa Timur menundukkan tim kuat DKI Jakarta di babak final.

Bukan berarti tak ada tawaran datang padanya untuk meninggalkan CLS. “Saya pernah mau pindah, tetapi tidak jadi. Pada tahun 2006 ada tawaran dari sebuah klub di Bandung, kemudian pada tahun 2008 satu klub dari Jakarta juga berminat merekrut saya,” ceritanya.

 

 

Credit Foto : IG @Clsknights