News Event

Head-to-head: Prawira Vs. Bumi Borneo

08 July 2023
|

Prawira Harum Bandung unggul 1-0 setelah menang di Britama Arena, yang jadi kandang Bumi Borneo Basketball Pontianak, pada 6 Juli lalu. Kali ini Prawira akan bertindak sebagai tuan rumah. Game 2 IBL Tokopedia Playoffs 2023 antara Prawira dan Bumi Borneo akan berlangsung di C-Tra Arena, Sabtu (8/7) malam. Mampukah Bumi Borneo menjegal Prawira, untuk memaksa game ketiga?

Secara permainan, tidak ada yang berbeda dari kedua tim. Hanya saja Dewi Fortuna yang belum berpihak pada Bumi Borneo. Tetapi kita lihat perbedaan angka-angka dalam lembar statistik, maka ditemukan bahwa Prawira lebih unggul di rebound dengan perbandingan 54-39. Sementara kelebihan Bumi Borneo ada pada tembakan tiga angka. Mereka justru lebih banyak memasukkan three point ketimbang Prawira. 

Dari segi pemain asing, Prawira lebih dominan. Terutama dengan Brandone Francis yang mencetak 35 poin dengan field goals 13 dari 22 attempt. Francis benar-benar jadi monster poin. Mungkin karena semua serangan berpusat pada Francis, sehingga tembakan three point anak-anak Prawira tidak terlihat. Selain karena akurasi tembakan jarak jauh Prawira juga sedang kurang wangi. 

Dari kubu Bumi Borneo, kali ini justru Randy Bell ada di bench. Memang agak aneh, tetapi mungkin head coach Tondi Raja Syailendra punya strategi lain. Faktanya Bell hanya memasukkan tiga tembakan dari 12 attempt selama hampir 18 menit. Namun Bell bisa memasukkan enam free throw dari sembilan kesempatan. Sehingga dia berkontribusi 12 poin, ditambah empat rebound, dan tiga assist. Seandainya Bell lebih baik, bisa jadi Bumi Borneo mengamankan kemenangan tandang mereka. 

Untuk pemain lokal, Prawira punya Yudha Saputera, yang mampu menghasilkan tujuh poin, lima rebound, dan enam assist dalam 37 menit. Yudha bagus sebagai fasilitator, tapi kontribusi poinnya tidak sebanyak biasanya. Yudha hanya memasukkan dua tembakan dari 13 attempt. Dua tembakan itu adalah three point dari delapan kali percobaan. Prawira hanya memasukkan lima three point dari 27 attempt selama game pertama. 

Sementara pemain kunci Bumi Borneo lainnya adalah A. A. Ngurah Wisnu Budidharma Saputera. Dia mampu berkontribusi 14 poin, empat assist, dan satu rebound pada pertemuan pertama. Wisnu memasukkan dua three point dari tiga attempt, dan empat free throw dari lima kesempatan. Pengalaman Wisnu di babak playoffs seperti ini terlihat jelas. Dia tampil lebih tenang dibanding pemain-pemain lain. 

Ayo datang dan dukung langsung tim jagoanmu di C-Tra Arena dan jangan lupa untuk pakai outifit terbaikmu ya, IBL Fans! Atau tonton melalui tayangan langsung di vidio.com dan UseeTV Sports!

Baca Juga: Singkirkan Bumi Borneo, Prawira Hadapi Dewa United di Semifinal

0 Comments