Head-to-head Indonesia Vs. Saudi Arabia


Jul 12, 2022

FIBA Asia Cup 2022 akan dimulai hari ini, Selasa, 12 Juli 2022. Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Saudi Arabia, untuk pertandingan pertama. Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Indonesia sempat kalah dua pertandingan sebelumnya. Kali ini Indonesia harus bisa membalas kekalahan tersebut. 

Dua pertemuan antara Indonesia Vs. Saudi Arabia terjadi di FIBA World Cup 2023 Qualifiers. Indonesia kalah 66-95 pada 24 Februari 2022, dan menyerah 67-69 pada 1 Juli 2022. Dengan kekalahan tersebut, Indonesia bisa belajar bagaimana mengatasi permainan Saudi Arabia. 

Pada pertemuan pertama, field goals Indonesia jadi alasan kekalahan tersebut. Indonesia hanya mencetak 19 tembakan dari 39 attempt. Sementara saat mencoba memakai three point, malah tidak menyelesaikan masalah. Indonesia hanya memasukkan 7 three point dari 27 attempt. Indonesia juga kalah rebound (34-47). Catatan yang harus digaris bawahi oleh Indonesia dari penampilan tersebut adalah assist. Karena Saudi Arabia mencetak 24 assist sepanjang pertandingan. 

Beralih ke pertemuan kedua. Kali ini Indonesia tampil lebih baik. Bahkan mereka unggul di babak pertama. Petaka terjadi di kuarter ketiga, di mana Indonesia hanya mencetak 9 angka saja. Padahal Indonesia dalam posisi yang sangat menguntungkan, karena tampil di hadapan pendukungnya sendiri. Tetapi masih saja mental bertanding para pemain timnas mengalami penurunan di kuarter ketiga. 

Di laga 1 Juli 2022 ini, situasinya memang terbalik. Indonesia bisa mengatasi assist yang dibuat Saudi Arabia. Mereka juga bisa menurunkan persentase three point. Hanya saja, kecolongan di kuarter ketiga, membuat Indonesia sulit bangkit di kuarter keempatnya. Namun perlu dicatat kalau dari sisi rebound, Indonesia masih kalah (47-55). 

Indonesia akan bertemu kembali dengan Saudi Arabia untuk pertandingan pertama babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022, di Istora Senayan, Jakarta, 12 Juli 2022. Kalau dari tim Saudi Arabia masih ada Ayman Belals AlMuwallad, Mohammed AlMarwani, Marzouq AlMuwallad, dan Mathna AlMarwani. Jadi sebagian besar roster mereka hampir sama.

Sementara dari timnas Indonesia, perubahan sangat jelas, mulai masuknya Derrick Michael Xzavierro dan Marques Bolden. Kemudian Yudha Saputera dan Widyanta Putra Teja menambah panjang daftar point guard Indonesia. Rata-rata pemain timnas Indonesia merupakan skuad yang meraih medali emas di SEA Games 2022, Hanoi, Vietnam. 

Jangan lupa saksikan pertandingan FIBA Asia Cup 2022 mulai 12 Juli, di Istora Senayan, Jakarta. (*)