News Event

Hawks Pertahankan Coach Joko dan Daniel Poetiray

22 October 2024
|

Sebenarnya kabar ini sudah tersebar pekan lalu, namun tidak ada salahnya bila membahas keputusan manajemen Tangerang Hawks Basketball Club untuk mempertahankan head coach Antonious Joko Endratmo dan asisten pelatih Daniel Poetiray. Sebab, mereka akan menangani tim ini untuk tahun ketiga, pada IBL musim depan. 

Duet Coach Joko dan Daniel Poetiray ini sudah berjalan selama dua musim (2023-2024). Tentunya dengan performa tim yang naik-turun. Namun tampaknya manajemen lebih mementingkan keberlanjutan program yang sudah mereka buat, ketimbang mengganti pelatih untuk mengejar target playoffs yang belum pernah mereka capai sebelumnya. 

Seperti yang kita tahu bahwa Hawks mulai bergabung dengan IBL di musim 2022. Saat itu, tim ditangani oleh head coach Efri Meldi. Di musim pertamanya, Hawks hanya menang enam kali dari 22 pertandingan. Kemudian pada akhir tahun 2022, manajemen mengganti Efri Meldi dengan Antonius Joko Endratmo sebagai head coach. Mereka juga memasukkan Daniel Poetiray sebagai asisten pelatih. 

Sejak saat itu, duet keduanya membesut Hawks dengan performa yang cukup baik. Pada musim 2023, Hawks hampir saja lolos ke babak playoffs. Mereka menempati urutan kesembilan dalam klasemen akhir. Meski jika dihitung kemenangan, Hawks masih terpaut dua kemenangan dari peringkat kedelapan. Mereka mengumpulkan 13 kemenangan dari 30 laga. Namun bila dilihat dari catatan musim sebelumnya, ini jelas peningkatan performa yang signifikan. 

Tetapi performa tim Hawks turun di musim 2024. Dari 26 pertandingan, Hawks hanya meraih delapan kemenangan. Ketidakmampuan Hawks bersaing, bukan hanya karena faktor permainan yang kurang berkembang. Namun di musim 2024, Hawks tidak bisa menemukan sosok pemain asing yang tepat. Hawks berulang kali mengganti pemain asingnya, yang justru merusak chemistry tim. 

Tetapi apa yang terjadi di musim 2024, tampaknya tidak berpengaruh pada penilaian manajemen. Karena mengawali persiapan mereka untuk musim depan, Hawks kembali memberikan kepercayaan kepada Antonius Joko Endratmo dan Daniel Poetiray untuk menangani tim ini. Kita lihat, sejauh mana duet ini akan membawa Hawks terbang di IBL musim depan. (*)

Baca Juga: IBL Legends: Antonius Joko Endratmo, MVP Kobatama Terakhir

0 Comments