Hawks Menang Tipis Atas Satya Wacana


Mar 23, 2022

Tangerang Hawks akhirnya bisa menundukkan Satya Wacana Salatiga, 72-71 pada lanjutan Kompetisi IBL Tokopedia 2022 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu 23 Maret.

Ini merupakan balasan kekalahan pada pertemuan pertama kedua tim yang bergabung dalam Divisi Merah. Pada laga sebelumnya Satya Wacana menang 66-62, Jumat 4 Maret.

Rizky Effendy menjadi pencetak angka terbanyak bagi Hawks dengan 21 poin. Richard Ross Jr mencatat double-double dengan 19 angka dan 14 rebound. Tevanti Crump mengemas 15 poin.

Tyree Robinson juga mencetak double-double untuk Satya Wacana dengan catatan 26 angka dan sepuluh rebound. Alexander Franklyn mengoleksi 13 angka. 

Sayang, Franklyn gagal mengeksekusi free throw terakhir sehingga tidak bisa memperpanjang permainan. 

Satya Wacana mengawali kuarter pertama dengan bagus. Mereka mampu mencetak 25 poin berbanding 16 angka yang dibuat oleh Hawks. Pada kuarter kedua keadaan berbalik, Hawks mampu mengemas 20 angka dan meredam poin The Saints hanya sampai enam angka. Hawks  menutup babak pertama dengan keunggulan lima poin, 36-31.

Kuarter ketiga pertarungan lebih ketat, Satya Wacana mampu mencetak 20 poin, sementara Hawks berhasil mengemas 21 angka. Hawks unggul 57-51 menyongsong kuarter terakhir.

The Saints mendekat pada awal kuarter keempat lewat Mas Kahono Bintang dan Robinson. Rizky dan Ross Jr membuat Hawks membumbung lebih tinggi, Robinson mengejar. Hawks unggul 68-60 pada lima menit akhir.

Rizky kembali menambah poin, Franklyn membalas dengan dua free throw. Joshua Davenport membuat Satya Wacana mendekat, Rizky menambah dua angka dari empat kesempatan lemparan bebas, 72-64.

The Saints tak pernah menyerah. Dua kali tembakan tiga angka Febrianus Khiandio mengancam kepemimpinan Hawks, 72-70. Tiga detik terakhir, Rizky melakukan foul terhadap Franklyn berakibat dua lemparan bebas. Franklyn berhasil memasukkan bola pada kesempatan pertama, sayang free throw keduanya gagal. Ross Jr memenangkan rebound dan amanlah kemenangan Hawks, walau Winston Swenjaya gagal menambah angka lewat dua free throw pada detik terakhir. Hawks menang tipis, 72-71.