News Event

Hardianus Dilarang Bermain Tiga Pertandingan

15 July 2023
|

Unsportsmanlike Foul yang dilakukan pemain Satria Muda Pertamina, Hardianus Lakudu terhadap center Pelita Jaya Bakrie, Vincent Kosasih saat laga pertama semi final IBL Tokopedia 2023 berbuntut panjang.  Hardianus terkena hukuman larangan bertanding dalam tiga gim Satria Muda berikutnya. 

Berarti Hardianus harus absen pada laga semifinal kedua, Sabtu 15 Juli ini, juga jika harus terjadi laga ketiga, Minggu 16 Juli. Bila Satria Muda berhasil melangkah ke  final, Hardianus juga belum bisa bermain pada laga pertama partai puncak tersebut. 

Unsportsmanlike foul dilakukan Hardianus saat kuarter keempat tersisa 9 menit 25 detik.  Ketika Vincent berada di udara Hardianus menabrakkan badannya yang membuat Vincent terjatuh dengan posisi pinggang membentur lantai lapangan.

Setelah pertandingan berakhir, seluruh perangkat pertandingan dan tim kode etik melakukan review yang akhirnya memutuskan tindakan Hardianus bisa dibebankan disqualifying foul.

Tindakan Hardianus dinilai tidak menunjukkan sportsmanship. Berdasarkan Peraturan Pelaksanaan IBL  Bab V Pasal 3 Ayat 1.4 bahwa diskualifikasi karena melakukan foul yang sangat keras pada saat pertandingan seperti melakukan pemukulan atau tendangan atau mencekik, menjatuhkan badan lawan dan hal-hal lain yang dilakukan diluar batas kewajaran akan dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 3 (tiga) kali dan denda sebesar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah). 

"IBL sudah menerbitkan surat keputusan hukuman. Hardianus dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak tiga kali pertandingan dan denda sebesar Rp. 20 juta," kata  Senior Manager competition IBL, Rufiana.

Baca Juga: Perjalanan Panjang Hardianus Lakudu Hingga Jadi MVP Final

0 Comments