IVBL Kembali Bergulir Didukung Penuh Indosat Ooredoo Hutchison


Apr 13, 2022

Indonesia Virtual Basketball League (IVBL) kembali digelar. Diikuti 16 tim, IVBL bergulir 9 April hingga 23 April. 

Para peserta terdiri dari pemain IBL dan artis selebritis.  Mereka antusias dan siap bersaing di IVBL.

"Senang sekali IVBL ada lagi tahun ini. Event ini memang kita tunggu. Antusias tim-tim sangat tinggi, terbukti pesertanya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya," kata Muhammad Yugie, pemain NSH Mountain Gold Timika. 

Yugie berharap industri game NBA2K terus berkembang dan bisa jadi wadah bagi para pro player di Indonesia. 

Rasa gembira juga diutarakan selebritas Fadi Iskandar. "Senang banget IVBL diadakan lagi. Kaget juga tim yang ikut lebih banyak dibanding tahun lalu," kata Fadi.

"Harapannya moment ini bisa melahirkan semangat baru bagi tim dan atlet e sport NBA2K Indonesia," sambung Fadi. 

Bintang Evos, Daniel Wenas pun senada. "Bangga sekali IVBL ada lagi. Artinya penikmat NBA2K di Indonesia semakin berkembang. Saya happy main 2K lagi setelah menyelesaikan full season IBL Tokopedia 2022 sekaligus refreshing dan bertemu teman teman di komunitas NBA2K Indonesia," tegas Wenas.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, IVBL tahun ini melibatkan beberapa selebriti ternama, termasuk Younglex, dan atlet-atlet bola basket professional. 16 tim yang akan bertanding dalam pertandingan NBA 2K22 online menggunakan mode 5v5 Pro Am yang memperebutkan total hadiah Rp25 juta. Pertandingan online akan diadakan hari ini hingga 23 April 2022, dan disiarkan langsung di akun Facebook dan YouTube IBL.

Tahun ini,  IVBL 2022 menggandeng Indosat Ooredoo Hutchison sebagai pendukung utama. Partisipasi ini menandai lompatan perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia ini ke dunia esports dengan bergabung bergandengan tangan dengan Indonesian Basketball League (IBL), kompetisi bola basket profesional tertinggi di tanah air, untuk memberikan wadah bagi para penggemar bola basket yang gemar bermain di turnamen esports. 

“Esports telah berkembang pesat di Indonesia dan berkembang menjadi budaya mainstream. Kami melihat partisipasi kami dalam IVBL memberikan peluang untuk memasuki kancah esports yang sedang booming di negara ini dan membuat dampak yang luar biasa,” kata SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang.

“Dua produk unggulan kami, IM3 dan Tri, telah menjadi top of mind di kalangan anak muda dan komunitas gaming. Partisipasi kami ini sejalan dengan komitmen kami untuk menghubungkan dan memberdayakan setiap orang Indonesia, yang pada kesempatan ini adalah generasi muda bangsa yang tertarik dengan esports dan yang ingin menjadi pemain esports professional,” sambung Steve.  

“Ada irisan besar antara penggemar e-sport dan penggemar bola basket khususnya IBL, terbukti banyak pebasket profesional pun juga suka dan mahir bermain bolabasket virtual.  Tim-tim yang awalnya besar di e-sport pun kini memperlebar sayap ke dunia basket seperti Evos dan Dewa United,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsjah.

“Bersama Indosat Ooredoo Hutchison dan seluruh mitra, kami berharap IVBL memperkuat jalinan antara e-sport dan olahraga bolabasket sehingga memberi manfaat dan memperbesar komunitas diantara keduanya," tambah Junas.

 

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Vero dan Decision Lab, esports telah berkembang menjadi platform yang berpengaruh di mana orang-orang membuat identitas, membangun kehadiran online, dan terhubung dengan dunia luar. Studi tersebut menyoroti bahwa lebih dari 52 juta orang Indonesia kini memainkan game esports, mulai dari pemain mobile hingga pelatihan pro gamer untuk kompetisi internasional. Berdasarkan laporan tersebut, 76% dari 470 responden dari gamer, watcher, dan streamer setuju bahwa mereka bermain game atau menonton streaming untuk tujuan hiburan. Sementara itu, sekitar 82% gamer mengatakan mereka menikmati bermain sendiri dan terhubung dengan orang lain secara online.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan IBL untuk memperkenalkan IVBL sebagai turnamen esports yang menarik dan menghibur. IVBL dapat menjadi wadah untuk menyatukan para pecinta bola basket yang memiliki minat yang sama untuk mengembangkan esports basket di Indonesia,” tutup Steve.

IVBL bisa disaksikan langsung lewat live streaming You Tube. Babak 16 besar berlangsung 9-10 April. Perempatfinal digelar pada 16-17 April dan semifinal hingga final pada 23 April. 

Ayo ngabuburit seru menyaksikan semarak laga IVBL