Hangtuah Kehilangan Pilar Utama


Jul 06, 2022

Amartha Hangtuah Jakarta akan bertanding menghadapi Satria Muda Pertamina Jakarta di Playoffs IBL Tokopedia 2022. Namun di tengah persiapan menghadapi laga ini, muncul kabar kalau LaQuavius Kashaka Cotton sudah tidak bersama mereka lagi. Kabar ini mengejutkan bagi IBL Fans, khususnya pendukung Hangtuah.

Berita soal Cotton dibagikan Hangtuah melalui akun Instagram resminya. Dalam unggahan tersebut, banyak netizen yang menyayangkan kepergian Cotton. Karena dia bukan hanya sekadar pemain asing, namun sudah jadi pilar utama di Hangtuah. Mengingat dia sudah dua musim berada di tim ini. 

Cotton memulai kiprahnya di IBL pada musim 2020. Dia bermain selama 14 game dengan rata-rata tampil selama 33,2 menit per game. Dari situ, dia bisa berkontribusi 22,3 ppg, 9,5 rpg, 3,4 apg, dan 1,0 spg. Cotton semakin dicintai pendukung Hangtuah ketika dirinya memenangkan Slam Dunk Contest di IBL All-Star 2020. 

Karena dianggap bisa membawa hal bagus di Hangtuah, akhirnya manajemen memutuskan untuk mengambilnya kembali ketika keran pemain asing dibuka pada IBL Tokopedia 2022. Meski tidak agresif seperti musim 2020, Cotton tetap memberi dampak yang bagus untuk tim Hangtuah selama IBL Tokopedia 2022. 

Cotton bermain penuh sepanjang musim reguler. Tampil dalam 22 game, dia bisa mengoleksi 13,6 ppg yang menjadi kontribusi tertinggi di Hangtuah. Cotton juga menambahkan 7,1 rpg, dan 1,5 apg. Field goals precentage juga tinggi yakni di kisaran 48,3% dengan free throw 76,3%. Ini yang membuat kepergian Cotton semakin disayangkan oleh fans. 

Tapi fans harus percaya bahwa Hangtuah punya pengganti yang lebih baik, dan lebih kompetitif untuk menghadapi babak Playoffs, yang bakal diputar bulan Agustus 2022. Karena liga mengizinkan tim-tim untuk melakukan pergantian pemain asing sebelum Playoffs. (*)