News Event

Hangtuah Beri Kekalahan Menyakitkan untuk RANS

17 September 2023
|

Amartha Hangtuah Jakarta benar-benar memberi kejutan di IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 seri pertama, di Tangerang. Mereka berhasil lolos ke babak final setelah mengalahkan RANS PIK Basketball dengan skor 21-20. Kekalahan ini benar-benar menyakitkan bagi RANS. 

Kedua tim saling berbalas tembakan dua angka di tiga menit awal. RANS mampu unggul 8-7 atas Hangtuah. Sementara itu, Fatur Shihab menambah keunggulan menjadi 9-7. Tetapi Hangtuah membalas dengan tembakan dua angka dari Firman Situmorang (9-9). Saat pertandingan berjalan empat menit, RANS masih unggul 11-10 atas Hangtuah. 

Memasuki lima menit berikutnya, Hangtuah menyamakan kedudukan menjadi 11-11. Kemudian Oki Wira Sanjaya menjadi jawaban RANS, ketika para pemain Hangtuah lebih hustle. Oki memang punya pengalaman di 3x3, sehingga dia terlihat lebih sabar dalam bermain. Oki bisa menyamakan kedudukan menjadi 13-13 di sisa waktu  tiga menit. 

Setelah itu, RANS mendapatkan momentum lewat tiga tembakan dua angka berturut-turut. Diawali dari Ananta yang mendapatkan assit dari David Nuban untuk mencetak keunggulan 15-13. Disusul Oki Wira menambah tembakan dua angka sehingga RANS unggul 17-14. Terakhir Ananta lagi-lagi menambah dua angka. RANS memimpin 19-14 di sisa waktu 2 menit 30 detik. 

Di saat RANS yakin mereka akan memenangkan pertandingan, Gunawan mengejutkan dengan tembakan dua angka. Tembakan tersebut membuat Hangtuah menyusul 18-19. Pertandingan semakin mendebarkan karena kedua tim sama-sama team foul. Hangtuah sebenarnya punya peluang menang lewat Dandung O'Neal. Namun sayangnya dua free throw gagal. Sehingga RANS bisa memperpanjang nafas. 

Di detik-detik terakhir, Oki Wira Sanjaya memasukkan poin dengan layup, yang membuat RANS unggul 20-19. Tetapi mereka tidak tahu bahwa Gunawan dalam keadaan bebas dan tanpa penjagaan untuk melakukan tembakan dua angka. Tembakan inilah yang mengakhiri perjalanan RANS di seri pertama. Hangtuah melaju ke final menghadapi Bumi Borneo Basketball Pontianak. (*)

Baca Juga: RANS dan Hangtuah Adu Akurasi Three Point

0 Comments