Gabung Dewa United Surabaya, Wijin Comeback ke IBL


Aug 05, 2021

Setelah lama tak terdengar kabar, Wijaya Saputra, akhirnya kembali ke Indonesia Basketball League (IBL). Namun, pebasket yang akrab disapa Wijin itu tak kembali sebagai pemain.

Kali ini, Wijin berstatus direktur olahraga Dewa United Surabaya. Dalam peran barunya tersebut, mantan pemain Stadium itu lebih fokus di manajemen.

“Saya kebetulan dengan pak Michael (CEO Dewa United Surabaya), kami memang berteman, dihubungi sama dia ada tim basket. Kemudian kami meeting, sampai akhirnya menarik juga, mengapa tidak. Saya pikir disuruh main lagi, ternyata membantu dalam hal lain,” ujar Wijin.

Sebagai direktur olahraga, Wijin punya peran mengembangkan tim secara garis besar. Akan tetapi, di setiap latihan Wijin ikut membantu pemain melakukan gerakan secara benar.

“Saya tipikalnya, kalau saya bisa bantu, pasti bantu. Contohnya dalam hal masalah teknis di tim, misal gerakan mereka bisa diubah jadi efektif, saya beri tahu. Kalau kaki mereka miring saja saya koreksi, nah coach Bedu (Andika Saputra) kan lebih ke strategi dan kekompakan tim,” ujar Wijin.

Ke depan, Wijin sudah punya berbagai rencana matang untuk Dewa United Surabaya. Klub Kota Pahlawan itu sudah mulai berburu pemain muda untuk dikembangkan bakatnya.

“Kalau saya, pasti ingin juara, tetapi dalam hal mencapai juara itu butuh proses, tidak bisa yang karbitan langsung juara. Dari sekarang kami develop,” ujar Wijin.